Positif Corona, Wali Kota Bima Arya Diminta Bertanggungjawab Atas Kesehatan Para Jurnalis

Prescon Wali Kota Bogor Bima Arya bersama Wartawan Bogor di Pendopo

BOGOR, Ceklissatu.com – Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto telah dinyatakan positif corona sepulangnya dari Turki dan Azerbaijan beberapa waktu lalu. Sepulangnya, Bima terlihat tidak menggunakan alat pelindung diri (ADP) yang dikenakan pada dirinya.

Sebelum dinyatakan positif Covid-19, Bima sempat menggelar jumpa pers di pendopo rumahnya. Tak hanya itu, wartawan melakukan live report langsung berinteraksi dengan Bima Arya.

Bacaan Lainnya

Beberapa jurnalis tersebut kini berstatus ODP, keluarga para jurnalis pun panik. Karena setelah bertemu dengan wali kota, mereka sempat bertemu dengan para jurnalis lainnya baik di kantor PWI Kota Bogor maupun di ruang kelompok kerja wartawan Pokja DPRD Kota Bogor.

Untuk itu PWI Kota Bogor menyatakan sikap sebagai berikut ;

Menyikapi rekan-rekan jurnalis yang telah menjadi Orang Dalam Pantauan (ODP) setelah melakukan jumpa pers dengan Walikota Bogor Bima Arya, kami tim Advokasi PWI Kota Bogor menegaskan bahwa :

1. Kegiatan jumpa pers pada hari senin 16 maret 2020 yang dilakukan oleh Bima Arya selaku Pimpinan Daerah tidak sesuai dengan protokoler yang berlaku dengan mengundang wartawan kerumah.

2. Seyogjanya setelah kepulangannya dari luar negeri dan dinyatakan sebagai ODP Bima Arya membatasi diri untuk tidak berjumpa dg banyak orang termasuk wartawan.

3. Tidak mengindahkan faktor keamanan pada saat jumpa pers pada hari senin tgl 16 maret 2020 Bima Arya tidak menggunakan Masker.

3. Begitupun saat kegiatan live disalah satu tv nasional Bima Arya pada hari rabu 18 maret 2020, Walikota Bima Arya juga tidak menggunakan masker padahal sudah jelas sebagai ODP.

4. Kamis 19 Maret 2020 Walikota Bima Arya dinyatakam positif terpapar Covid-19.

5. Dan akhirnya berdampak secara psikologis terhadap beberapa wartawan yg dinyatakan ODP untuk mengisolasi dirumah dan traumatik terhadap wartawan lain yg berinteraksi dg wartawan yg ODP.

Hormat kami,
Divisi Hukum dan Advokasi PWI Kota Bogor
Bagus Haryanto

Acc

Ketua PWI Kota Bogor
Arihta Utama Surbakti

Tim Redaksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *