Polresta Bogor Kota Kembali Vaksinasi Warga di Zona Merah

  • Whatsapp
Salah satu warga Perumahan Griya Katulampa, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor menjalani vaksinasi Covid-19, Jum'at (9/7/2021). Foto: Wulan

BOGOR, Ceklissatu.com – Warga Perumahan Griya Katulampa, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor menjalani vaksinasi Covid-19, Jum’at (9/7/2021). Sebanyak 135 warga menerima suntikan vaksin pertama dari 145 kuota yang disediakan.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilokasi tersebut diinisiasi oleh Polresta Bogor Kota, mengingat perumahan tersebut masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19. Untuk jenis vaksin yang diberikan adalah vaksin Sinovac.

Bacaan Lainnya

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pemberian vaksin tersebut dilakukan berdasarkan skala prioritas utama zona merah Covid-19 di Kota Bogor.

“Hari ini vaksinasi presisi targetit pada area terbatas, artinya setiap hari posko operator Satgas Covid-19 Polresta Bogor Kota itu punya data, mana RT-RT pada RW mana, dan kelurahan mana sehingga kami akan melakukan survei sekaligus pendataan untuk besoknya kami lakukan vaksinasi,” kata Susatyo, Jumat (9/7/2021).

Susatyo menegaskan, melalui program vaksinasi presisi ini diharapkan dapat menekan penyebaran kasus Covid-19 ditingkat RT dan RW sehingga dapat dicegah secara maksimal.

“Seperti kita lihat disini kan cukup banyak ada satu ruas jalan kanan kirinya, banyak yang positif sehingga itu yang akan kita lakukan upaya,” jelasnya.

Berdasarkan data terakhir, pada Rabu (7/7/2021) di perumahan tersebut terdapat 104 warga terkonfirmasi positif Covid-19. Selain Perumahan Griya Katulampa, vaksinasi serupa juga rencananya bakal digelar di sejumlah wilayah lainnya terutama wilayah zona merah.

Terkait upaya yang dilakukan untuk memisahkan warga yang positif dengan warga yang sehat di lokasi tersebut. Pihaknya, saat ini menilai jika pasien tidak bergejala maka disarankan untuk isolasi mandiri (isoman).

“Kalau memang ada gejala sedang, bahkan gejala berat, sebagainya tentu kita akan melakukan langkah-langkah lagi secara berjenjang yang akan dikoordinasikan oleh Satgas ditingkat RW ini akan berjenjang,” tegasnya.

Lebih lanjut, Susatyo menambahkan bagi yang sedang isoman nantinya akan dipantau oleh tim dari puskesmas setempat, dan ini menjadi kunci. Seperti pemberian obat-obatan, dan pemberian vitamin.

“Kami akan rutin melakukan vaksinasi keliling ke beberapa zona merah yang ada di Kota Bogor,” pungkasnya.

Di lokasi yang sama, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengapresiasi dan mendukung langkah yang diambil Polresta Bogor Kota dalam pelaksanaan vaksinasi presisi di daerah zona merah yang ada dibeberapa titik Kota Bogor.

“Kita mendukung langkah-langkah yang diambil Polresta, apalagi ditambah dengan kekuatan vaksinasi dari Polresta. Paling tidak, kita bisa melakukan langkah yang lebih efektif dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 terutama di Griya Katulampa,” kata Dedie saat meninjau pelaksaan vaksinasi.

Dedie menegaskan, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor saat ini sedang mengupayakan penggeseran evakuasi beberapa warga Griya Katulampa ke pusat isolasi Covid-19 yang ada di Kota Bogor.

“Kita pisahkan, jadi tidak semuanya konsentrasi di sini (Griya Katulampa). Jadi kalau misal ada di pusat isolasi, paling tidak di sana (pusat isolasi) posisinya yang positif semua. Daripada di sini sebagian positif sebagian negatif,” pungkasnya.

Editor : Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *