Petani Banjar Panen Bawang

  • Whatsapp

BANJAR,Ceklissatu.com-Panen bawang merah untuk yang kedua kali di tahun 2021 dilakukan Kelompok petani bawang merah Mulyasari Mundu di Binangun Banjar.
Kali ini diperkirakan sebanyak 5,1 ton dihasilkan dari lahan seluas 1 Ha. Dan saat ini ada sekitar 2 Ha lahan bawang merah siap panen.

Walikota Banjar Ade Uu Sukaesih yang turut serta dalam panen bawang tersebut menyatakan, rasa kegembiraannya dengan hasil panen yang didapatkan para petani bawang tersebut. Dari budidaya bawang merah sendiri sangat menjanjikan, sehingga diharapkan bisa dikembangkan di daerah lain dengan kondisi lahan yang sama yaitu lahan tadah hujan.

” Alhamdulillah Kelompok Bawang Mulyasari Mundu ini bisa berkembang, dan saat ini sudah ada sekitar 6 Ha lahan yang sudah digarap untuk budidaya bawang merah, dan ke depannya akan direncanakan menjadi 25 Ha,” ucapnya seusai ikut panen bawang merah, Sabtu (21/08/21).

Panen bawang merah dilakukan setelah masa tanam 2 bulan sekali, dan untuk panen kali ini kelompok tani bawang merah Mulyasari Mundu bisa menghasilkan bawang merah jenis Sukomoro sebanyak 5,1 ton untuk 1 Ha lahan. Untuk setiap 1 Ha lahan digarap oleh 7 orang petani.

Menurut Jojo Juarno pendamping petani bawang merah mengatakan, harga bawang saat ini cukup bagus, sehingga sangat membantu di saat masa pandemi seperti sekarang.

” Saat ini ada 2 Ha lahan yang kami garap, dan siap panen. Diperkirakan kita akan mendapatkan sekitar 10,2 ton bawang merah. Dan kebetulan sekali harga bawang merah saat ini cukup bagus, bisa mencapai Rp.30rb/ kg nya. Ini tentunya sangat menguntungkan bagi kami, apalagi di masa pandemi seperti sekarang, ” tuturnya.

Editor : Daus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *