Petani Banjar Kembangkan 3 Varian Jambu Kristal

  • Whatsapp

BANJAR,Ceklissatu.com-Kelompok Tani Sukamaju Langensari, berhasil mengembangkan budidaya jambu air, yang saat ini diharapkan bisa berkembang dan kembali menjadi produk buah andalan seperti pepaya California, belimbing madu dan jambu kristal, yang telah lebih dahulu menjadi buah andalan dari Langensari.

Ada 3 varian jambu air yang berhasil dikembangkan dan saat ini tengah memasuki masa panen yaitu jambu air mutiara hitam,jambu air Citra,dan jambu air Madu Deli Hijau (MDH).

Bacaan Lainnya

Hudori, pemilik lahan jambu air yang tengah memanen buah jambu mengatakan, sebelum membudidayakan tanaman jambu air, awalnya lahan miliknya dtanami pohon pepaya.

” Tadinya lahan saya seluas 100 bata di tanami pohon pepaya tetapi setelah harga pepaya turun, saya mencoba mengganti dengan pohon jambu air. Ada 22 pohon jambu saat ini dengan tiga varian jambu. Dari mulai menanam sampai berbuah dan panen waktunya kurang lebih tiga tahun, ” ucapnya, Kamis (02/09/21).

Hudori pun mengaku cukup puas dengan hasil yang didapat dari panen buah jambu air tersebut.

” Alhamdulillah sekarang saya sudah bisa menikmati hasilnya. Dari satu pohon ini bisa menghasilkan 61 kg bahkan ada yang mencapai 1 kwintal 30 kg, dan saya menjual langsung ke pembeli Rp. 30rb/kg. Dan ini sangat membantu sekali kehidupan kami apalagi di masa pandemi seperti sekarang,” jelasnya.

Saat ini masyarakat seputar Banjar sudah mulai melirik dan datang langsung ke lahan perkebunan jambu air, untuk membeli jambu dengan cara memetik sendiri dari pohonnya.
Diharapkan ke depannya, lokasi kebun pohon jambu bisa menjadi tempat tujuan wisata buah.

Hal tersebut disampaikan pula oleh
Kabid Dinas Pertanian kota Banjar Hj Maya Triwagia yang melihat langsung ke lokasi panen jambu air kelompok tani Sukamaju.

” Alhamdulillah hasil dari panen jambu air ini bisa meningkatkan pendapatan kelompok tani jambu air Sukamaju di Langensari. Dan ke depannya diharapkan lokasi pohon jambu air ini bisa menjadi salah satu lokasi pengembangan agro wisata di Langensari Kota Banjar,” ucapnya.

Editor : Daus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *