Peringati HUT ke-76 RI, Warga Bogor Upacara di Bantaran Sungai Ciliwung

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Dalam rangka memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia, Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Kota Bogor menggelar upacara bendera merah putih di bantaran Sungai Ciliwung tepatnya di Kelurahan Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Selasa (17/8/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh KPC Kota Bogor tersebut diikuti oleh tim satuan tugas (Satgas) naturalisasi ciliwung, aktivis lingkungan, warga, komunitas sepeda, dan santri/i dari salah satu pesantren yang dekat dengan lokasi pengibaran bendera.

Bacaan Lainnya

Anggota KPC yang juga koordinator Satgas Ciliwung, Suparno Jumar menjelaskan, kegiatan pengibaran bendera merah putih itu sebagai bentuk pengingat kepada masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan khususnya Sungai Ciliwung dikala pelaksanaan HUT RI ke-76 dibatasi lantaran kondisi pandemi Covid-19.

“Ya pagi ini kami memperingati deti-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76. Kami sengaja memang mengadakan kegiatan ini dialiran Sungai Ciliwung walaupun mungkin memang pesertanya tidak terlalu banyak karena situasinya kita belum begitu aman dengan situasi pandemi Covid-19,” kata Suparno kepada ceklissatu.com, Selasa (17/8/2021).

Meski kegiatan tersebut digelar di bantaran sungai, tidak mengurangi rasa hormat dan kekhidmatan peserta upacara dalam melaksanakan rangkaian upacara.

Selain upacara pengibaran bendera merah putih, KPC Kota Bogor juga melakukan aksi mulung sampah atau membersihkan aliran Sungai Ciliwung.

Menurut Suparno, Sungai Ciliwung masih belum merdeka dari sampah. Sejumlah sampah plastik masih terpantau berserakan di bantaran sungai. Jenis sampahnya bervariasi, mulai dari plastik sekali pakai, plastik bungkus makanan, styrofoam, limbah tekstil, hingga ban bekas.

Kondisi tersebut masih ditemui oleh aktivis lingkungan di KPC. Oleh sebab itu, Suparno mengajak khususnya kaum milenial untuk lebih peduli dengan kondisi Sungai Ciliwung saat ini. Bagaimana kata Suparno, sungai merupakan sumber kehidupan masa depan.

“Kami kalau dari sisi sungai memang mendorong semua pihak termasuk masyarakat, tokoh masyarakat, pemerintah, dunia usaha, mahasiswa, dan khususnya kaum milenial untuk kemudian menjaga serta ikut serta dalam melestarikan kekayaan Sungai Ciliwung,” ungkapnya.

Suparno berharap dalam HUT ke-76 RI, kekayaan yang berada di Sungai Ciliwung ini tidak lagi tertimbun oleh banyaknya sampah.

“Untuk kemudian menunjukkan pada publik bahwa ada sesuatu permata, ada sesuatu kekayaan berlian yang tertimbun dibawah ini yang luar biasa. Ayo kita wujudkan berlian ini menjadi sebuah perhiasan yang baik untuk masa depan,” pungkasnya.

Editor : Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *