Peringati Hari Anak Nasional, Pemkot Bogor Gelar Vaksinasi Anak Usia 12-17 Tahun

  • Whatsapp
Salah satu siswa saat menerima suntikkan vaksin, di SMP Negeri 5 Kota Bogor, Jalan Dadali, Tanah Sareal, Kota Bogor, Sabtu (31/7/2021). Foto: Wulan

BOGOR, Ceklissatu.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar vaksinasi massal bagi anak usia 12 hingga 17 tahun. Pelaksanaan vaksinasi massal tersebut dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2021, di SMP Negeri 5 Kota Bogor, Jalan Dadali, Tanah Sareal, Kota Bogor, Sabtu (31/7/2021).

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi massal bagi anak usia 12 hingga 17 tahun ini dilakukan untuk mendukung program percepatan capaian vaksin di Kota Bogor serta membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) di kalangan anak.

Bacaan Lainnya

“Dalam rangka Hari Anak Nasional fokus pada anak-anak usia diatas 12 tahun. Ditempat ini target 1000 penerima, ada juga anak-anak dari Madrasah,” kata Bima, seusai meninjau pelaksanaan vaksin di SMP Negeri 5 Kota Bogor, Sabtu (31/7/2021).

Pada kesempatan ini tercatat ada 1000 target penerima vaksin kategori anak-anak. Bima mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di Kota Bogor saat ini tengah dalam mengejar target vaksin. Ia berharap capaian vaksinasi di Kota Bogor bisa terus dikebut 10.000 hingga 15.000 penerima vaksin dalam sehari.

“Kita target agak ngebut ini, yang sehari antara 5000-7000 kita mesti kait-kaitkan terus sampai harus diatas 10.000-15.000 penerima. Kita ingin percepat ini, karena kita berpacu dengan waktu,” ungkapnya.

Untuk mendukung tercapai target tersebut kata Bima, saat ini pelaksanaan vaksinasi di Kota Bogor dilakukan di 16 titik sentral vaksin. Pihaknya terus mensosialisasikan program vaksinasi ini, sebab sekarang yang lebih mendesak yakni ketersediaan vaksin.

“Sekarang lebih mendesak pada suplai vaksin, saya komunikasikan terus dengan Menteri Kesehatan. Kita kemarin dapat 60.000 vaksin, In Syaa Allah setiap habis tambah lagi, setiap habis tambah lagi,” jelasnya.

Pemkot Bogor menegaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi di Kota Bogor sudah sangat siap mulai dari sistem, tenaga kesehatan, aparatur, hingga lokasi vaksinasi.

“Nakesnya, administrasinya, sentra vaksinnya 16, aparaturnya siap seperti camat, lurah, organisasi, Polri-TNI, Babinsa, Babinkamtibmas semuanya sudah siap,” tegasnya.

Lebih lanjut, sambung Bima memastikan, jika suplai vaksin lancar dan tidak terputus maka sebelum Oktober 2021 pelaksanaan vaksinasi di Kota Bogor mencapai 100 persen.

“Kan saya bilang kalau suplai vaksinnya lancar. Kota Bogor sebelum bulan Oktober sudah 100 persen, kalau suplai vaksinnya lancar. Tapi kalau sebelum Oktober belum selesai berarti suplai vaksinnya nggak lancar, itu aja,” ujarnya.

Selain menggelar program vaksinasi anak, pada kesempatan itu, Bima mengangkat anak-anak yang berprestasi untuk menjadi duta agar dapat menginspirasi dan khusus dimasa pandemi ini sekaligus menjadikan mereka relawan Covid-19.

“Relawan yang modalnya jempol, karena bisa cukup memposting hal-hal yang positif. Jadi saya ajak mereka terlibat mengajak anak-anak yang lain supaya tidak takut divaksin. Bahwa vaksin itu aman, itu tugas utama mereka sekarang. Yang kedua adalah mengajak semua, mengingatkan semua untuk tetap hati-hati tidak mengabaikan prokes,” pungkasnya.

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *