Perdana Hari Ini Naik KRL Bisa Tunjukkan Sertifikat Vaksin

  • Whatsapp
Para calon penumpang KRL melakukan check-in melalui aplikasi Peduli Lindungi menggunakan telepon gawai masing-masing di Stasiun Bogor, Rabu (7/9/2021). Foto: Wulan

BOGOR, Ceklissatu.com -Bagi para pengguna jasa KRL ada syarat baru untuk menggunakan moda transportasi massal tersebut. Yakni, KAI Commuter memberlakukan sertifikat vaksin sebagai syarat untuk naik KRL.

KAI Commuter mulai memberlakukan sertifikasi vaksin sebagai syarat untuk naik KRL pada hari ini, Rabu (8/9/2021). Namun, masih dalam tahap sosialisasi hingga Jumat 10 September 2021.

Bacaan Lainnya

Pemberlakuan kebijakan baru ini menyusul terbitnya Surat Edaran dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2021 tentang Perubahan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19 pada 6 September 2021.

“Perhari ini kita sudah wajibkan kartu vaksin dengan KTP. Kalau hari ini selama masa sosialisasi kita memperbolehkan ya surat keterangan STRP ataupun surat keterangan lainnya,” kata Vice Presiden Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, di Stasiun Bogor, Rabu (8/9/2021).

Sehingga dalam tahap sosialisasi, syarat dokumen berupa STRP dan surat keterangan lainnya masih diterima.

“KAI Commuter tetap mengimbau pengguna bersiap dengan sertifikat vaksin dan mulai Sabtu wajib menunjukkannya kepada petugas,” ujarnya.

Pantauan ceklissatu.com pagi di Stasiun Bogor, para calon penumpang KRL melakukan check-in melalui aplikasi Peduli Lindungi menggunakan telepon gawai masing-masing, Rabu (7/9/2021).

Terlihat petugas juga berjaga di dekat lokasi tapping tiket di Stasiun Bogor. Para calon penumpang KRL wajib menunjukan kartu vaksin.

“Jadi tadi sudah banyak sekali yang sudah bisa menunjukkan kartu vaksin yang memang bisa diakses melalui peduli lindungi atau pun yang sudah diprint,” ungkapnya.

Anne menegaskan, pada Sabtu 11 September 2021 mendatang. STRP, surat tugas, surat keterangan kerja maupun surat dari pemerintah setempat sudah tidak berlaku lagi sebagai syarat untuk naik KRL. Sebab, sudah wajib menunjukkan sertifikat vaksin sebagai syarat naik KRL.

“Artinya ini juga kami mengimbau kepada pengguna jasa Commuter Line untuk segera vaksin. Tapi vaksin ini bukan berarti kita kebal sehingga protokol kesehatan, pembatasan masuk ke stasiun itu tetap kami berlakukan,” pungkasnya.

Sertifikat vaksin sebagai syarat menggunakan KRL berlaku untuk KRL Commuter Line Jabodetabek, KRL Yogyakarta – Solo, KA Prambanan Ekspres (Kutoarjo – Yogyakarta PP), dan KA Lokal yang dioperasikan oleh KAI Commuter.

Meskipun ada perubahan syarat perjalanan ini, KAI Commuter mengajak dan mengimbau para pengguna KRL untuk tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan dan seluruh aturan yang berlaku. Karena masih berada dalam masa pembatasan kegiatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *