Percepat Capaian Vaksinasi, Kecamatan di Kota Bogor Sasar PMKS

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus menggenjot capaian vaksinasi untuk menyesuaikan dengan wilayah DKI Jakarta. Hal itu sangat penting untuk menjaga masyarakat di tengah penyesuaian pelonggaran PPKM, salah satunya mobilitas yang kian meningkat.

Oleh sebab itu, puluhan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kecamatan Bogor Tengah menjadi sasaran pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Selama dua jam penyisiran, sedikitnya sebanyak 20 orang yang kerap bersinggungan di tempat umum seperti di jalan raya diboyong ke Kantor Kelurahan Ciwaringin untuk dilakukan vaksinasi, jenis vaksin Covid-19 yang digunakan Sinovac.

Dari hasil razia yang dilakukan Kecamatan Bogor Tengah, dilaksanakan di dua titik yakni lampu merah Sawojajar dan di kawasan Air Mancur, Kota Bogor.

Camat Bogor Tengah, Abdul Wahid menyampaikan, pihaknya masih melakukan penyisiran warga yang berada di Kecamatan Bogor Tengah, termasuk PMKS yang kerap beraktivitas di sekitaran Kecamatan Bogor Tengah.

“Saat ini pelaksanaan vaksinasi dilakukan di dua titik yakni di Kelurahan Ciwaringin, dan Sempur. 11 Kelurahan terus kami sisir, dan capaian saat ini sudah tinggi 76 persen,” kata Abdul Wahid, Kamis (2/9/2021).

Meski capaian vaksinasi di wilayahnya terbilang sudah tinggi, namun masih banyak PMKS seperti pengemis, gepeng, dan para pengamen yang belum melaksanakan vaksinasi. Padahal, aktivitas mereka sering kali bersinggungan dengan masyarakat.

“Vaksin ini kan untuk warga, jadi kami melakukan penyisiran agar mereka yang setiap hari beraktivitas di lapangan dan bersentuhan dengan banyak orang tetap terjaga dan terhindar dari Covid-19, intinya agar tervaksin semua,” ujarnya.

Wahid sapaan akrab, menilai pelaksaan vaksinasi sasaran PMKS sangat penting dilakukan agar mereka terhindar dari paparan Covid-19 atau sebaliknya.

“Mereka saat ini terus berhubungan dengan orang banyak melebihi dari kita, sehari-hari dengan pola hidup yang kurang sehat menjadi prioritas kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Merdeka dr Oki Dyah Zulfikar mengatakan, vaksinasi dengan sasaran masyarakat Kecamatan Bogor Tengah terus digenjot guna akselerasi capaian vaksinasi bisa 100 persen.

“Sasaran untuk hari ini 260 dosis dengan jenis Sinovac. Kita sesuaikan dengan ketersediaan vaksinasinya,” pungkasnya.

Diketahui, selain vaksinasi untuk warga yang tinggal di Kecamatan Bogor Tengah. Target sasaran kali ini adalah para PMKS yang lalulalang di Kecamatan Bogor Tengah.

Kendati demikian, mereka para PMKS juga diwajibkan melalui prosedur seperti pendaftaran, skrining, hingga observasi yang dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Editor : Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *