Penyangga Ibu Kota, Kemenhub Ingatkan Pemkab Bogor Cegah Lonjakan Covid-19

  • Whatsapp
Suasana kemacetan menuju arah Kawasan Puncak, Bogor, Senin (16/8/2021). Foto: Wulan

BOGOR, Ceklissatu.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setyadi, memberi peringatan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Sebagai wilayah penyangga Ibu Kota Jakarta, Budi menyebut Kabupaten Bogor adalah daerah yang rentan akan penyebaran Covid-19. Sebab, wilayah
ini akan menjadi salah satu sasaran tingginya angka kunjungan masyarakat ke lokasi wisata.

Bacaan Lainnya

“Kami meminta daerah untuk melakukan mitigasi, terutama dari aspek manajemen rekam lantas untuk pembatasan pengunjung ke masing-masing kawasan atau lokasi wisata. Ini dilakukan karena biasanya kalau terjadi satu klaster di beberapa lokasi wisata, nanti yang menjadi persoalan utama adalah menyangkut masalah mobilitas atau transportasi,” cetus Budi.

Dia pun berharap Pemkab Bogor untuk bersinergi, berkolaborasi dengan Polres juga Kodim untuk sama-sama menjaga wilayahnya terutama di titik lokasi wisata yang sudah dibuka.

“Kalau kita tidak berhati-hati dan tidak waspada, bisa saja nanti terjadi lonjakan ketiga pada saat natal dan tahun baru,” tegasnya.

Menyikapi itu, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengaku jika persoalan tersebut juga menjadi fokus Pemkab Bogor. Menjelang Natal dan tahun baru,
dia memastikan jika pengawasan berjalan sangat ketat terlebih Kabupaten Bogor masih berada di PPKM Level 3.

Dia pun mengaku jika pihaknya bersama Forkopimda fokus mengawasi tempat-tempat wisata terutama wisata luar ruangan. Seperti tempat camping, wisata alam, curug, dan juga yang sekarang trend adalah camping ground yang tingkat kunjungannya mulai tinggi.

“Kami fokus bagaimana mentreatment para pelaku wisata dan pelaksana wisata di puncak ini untuk menerapkan Protokol Kesehatannya. Kami dengan Disbudpar serta Satgas Kecamatan terus rutin mengedukasi para pelaku wisata Puncak,” jelas Iwan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *