Pengendara Anggap Ganjil Genap di Puncak Langkah yang Tepat

  • Whatsapp
Petugas gabungan mulai menggelar uji coba ganjil genap di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jum'at (3/9/2021). Foto: Wulan

BOGOR, Ceklissatu.com – Pemberlakuan kebijakan uji coba ganjil genap bagi kendaraan empat maupun roda dua yang akan memasuki Jalur Puncak, Kabupaten Bogor kembali digelar, Jum’at (3/9/2021).

Pantauan Ceklissatu.com di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor pada pukul 15.30 WIB. Kendaraan dari arah Exit GT Ciawi dan dari arah Ciawi menuju Cisarua Bogor terpantau ramai. Namun sempat terjadi kemacetan, lantaran hanya kendaraan dengan plat nomor ganjil yang diperbolehkan melintas.Sementara untuk arah sebaliknya terpantau ramai lancar.

Bacaan Lainnya

Pemberlakuan uji coba ganjil genap yang berlangsung selama akhir pekan, Jum’at, Sabtu, dan Minggu akan dikawal langsung oleh 300 personel gabungan. Meliputi, anggota Satpol PP, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta TNI-Polri.

Salah satu pengendara roda dua, Lina (24) warga Cisarua, Kabupaten Bogor menilai kebijakan ganjil genap yang diterapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor adalah langkah yang tepat.

Sebab menurutnya, kebijakan ganjil genap yang dilaksanakan dapat menurunkan mobilitas, baik warga sekitar maupun wisatawan serta mengurangi volume kendaraan yang hendak menuju Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

“Mau antar hp saya mau COD. Nggak ada masalah, ganjil genap bagus sih soalnya buat menghindari kerumanan sama arus lalu lintas biar nggak macet,” kata Lina kepada ceklissatu.com di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jum’at (3/9/2021).

Lina menyampaikan, pekan lalu pada Jum’at, Sabtu dan Minggu kondisi arus lalu lintas di Kawasan, Puncak, Kabupaten Bogor mengalami kemacetan yang cukup parah. Maka dari itu ia menilai kebijakan ganjil genap ini merupakan langkah yang tepat.

Terpisah, Kapolres Bogor, AKBP Harun mengatakan, kendaraan pribadi yang plat nomornya tidak sesuai angka genap atau ganjil pada angka tanggal diberlakukannya sistem ganjil genap, maka akan diputar balik.

Harun menyebutkan bahwa sedikitnya ada tujuh titik yang menjadi lokasi pemeriksaan kendaraan pada pelaksanaan uji coba sistem ganjil genap.

“Tujuh titik pemeriksaan tersebut yaitu, pintu Exit GT Ciawi, Simpang Gadog, Rainbow Hills, pos penutupan arus Cibanon, pos penutupan arus Bendungan, dan dua lokasi di Kawasan Sentul,” ujar Harun, Jum’at (3/9/2021).

Sementara itu, Bupati Bogor, Ade Yasin menyampaikan, jika uji coba ganjil genap ampuh menangani kepadatan kendaraan di Jalur Puncak maka pihaknya akan membuatkan payung hukum untuk perkuatan dalam jangka panjang.

“Kita uji coba dulu, kita lihat respon masyarakat. Kalau mengarah pada perbaikan kita akan minta payung hukumnya. Uji coba juga sambil sosialisasi,” ujarnya.

Ade Yasin menegaskan bahwa selain harus mematuhi aturan ganjil genap, pengendara yang hendak menuju Kawasan Puncak pun wajib menunjukkan bukti bahwa mereka sudah divaksin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *