Pemkab Bogor Sulap Daerah Gurandil Jadi Wisata Sungai Ciguha

  • Whatsapp
Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan dampingi Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum (istimewa)

BOGOR, CEKLISSATU – Desa Ciguha Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang dulu terkenal daerah gurandil kini menjadi kawasan edukasi konservasi, dan wisata Sungai Ciguha. Hal ini dilakukan, untuk mengurangi dan mengilangkan Penambang Emas Tanpa Ijin (PETI)

“Dengan adanya pemberian kepada local hero dapat menggeser kegiatan masyarakat gurandil, mengurangi bahkan hilang sehingga mereka akan bergeser kepada kegiatan edukasi wisata di Wilayah Bogor Barat ini,”ungkap Iwan Setiawan Wakil Bupati Bogor usai meresmikan wisata sungai Ciguha, Jumat (14/01/2022).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, Pemkab Bogor pada prinsipnya sangat mendukung kegiatan pengembangan kawasan edukasi konservasi, dan wisata Sungai Ciguha.

Kata dia, dengan adanya kejadian bencana alam tanah longsor besar pada awal tahun 2020 yang terjadi di tiga wilayah Kecamatan Nanggung, Cigudeg, dan Sukaya memberikan hikmah untuk menghentikan kegiatan PETI. Karena berdasarkan penelitian bencana alam longsor dikaitkan dengan adanya PETI, yang menyebabkan tanah amblas dan gunung meleleh kebawah.

“Mudah-mudahan adanya kawasan wisata edukasi ini yang memang menjadi pilot project dapat mengangkat potensi dan perekonomian wilayah Bogor Barat serta menghilangkan PETI. Terima kasih Wakil Gubernur Jabar atas kehadiran dan dukungannya, kita akan terus bersinergi, apa yang menjadi tugas Desa, Provinsi, Kabupaten Bogor dan PT. Antam,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, berbicara masalah tambang merupakan dilema, di sisi lain tambang sangat menguntungkan, di sisi lain kalau pengelolaannya tidak profesional bukan hanya keuntungan tetapi juga kerugian. Sebaliknya jika tambang tidak dimanfaatkan untuk apa potensi yang ada, butuh pasir, batu bahkan emas untuk menyejahterakan masyarakat, tapi terpenting bukan mengambil dan menggalinya tetapi pemanfaatannya harus sesuai dengan hukum norma dan normatif. Merubah paradigma masyarakat, yang merubah citra itu yang paling mahal, kegiatan ini merupakan langkah yang sangat luar biasa.

“Kami berikan apresiasi dan penghargaan, harapan kami ini terus berlanjut, tidak cukup segertakan saja, tapi harus ada keberlangsungan, kontinyuitas, karena ini sangat penting, makanya saya minta daerah-daerah lain bisa mengikuti langkah ini, untuk bisaa membasmi penambangan liar,” bebernya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *