Pemkab Bogor Harap Pemprov Jadikan Lahan Eks Rindu Alam Sebagai Kawasan Konservasi

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mendorong Pemprov Jawa Barat untuk memenuhi janjinya menjadikan lahan eks restoran Rindu Alam Puncak sebagai kawasan konservasi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Suryanto menyebut, lahan eks restoran Rindu Alam Puncak tersebut merupakan kawasan resapan air.

Bacaan Lainnya

Sehingga, sudah seharusnya lahan bekas restoran ikonik di Puncak, Kabupaten Bogor itu menjadi sebuah konservasi.

“Secara rata ruang, wilayah tersebut berada pada peruntukan ruang perkebunan dan masuk ke dalam kawasan resapan air serta perlindungan setempat,” kata Suryanto, Selasa (19/10/21).

Jika lahan tersebut tidak sesuai dengan pemanfaatannya, dikhawatirkan akan menjadi masalah. Sebab, lahan eks restoran Rindu Alam itu dinilai sebagai salah satu kawasan yang mampu menjadi pencegah terjadinya bencana alam seperti longsor, termasuk untuk melindungi kawasan yang ada di sekitarnya.

“Jadi kawasan tersebut akan lebih baik jika menjadi lahan terbuka hijau dalam rangka fungsi konservasi air dan tanahnya,” tegas Suryanto.

Lahan eks restoran Rindu Alam sendiri kembali dilirik oleh Pemprov Jawa Barat setelah dilakukan penutupan pada Februari 2020.

Pemprov Jawa Barat berencana menghidupkan kembali wisata di kawasan Rindu Alam dalam rangka pemulihan ekonomi akibat Pandemi Covid-19.

Rencana itu diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau kawasan wisata Rindu Alam pada Senin 11 Oktober 2021.

“Pemprov Jabar berusaha memanfaatkan kembali daerah wisata Rindu Alam ini untuk meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah),” ungkapnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *