Pemkab Bogor Gelontorkan Rp 900 Juta untuk Perbaiki Rutilahu di Caringin

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Anggaran Rp900 juta bersumber dari APBD Kabupaten Bogor tahun 2021 dikucurkan untuk memperbaiki puluhan rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Kecamatan Caringin.

“Tahun ini ads 60 unit rutilahu tersebar di 12 desa di Kecamatan Caringin yang diperbaiki. Adapun nilai bantuannya Rp15 juta per unit,” kata Bupati Bogor Ade Yasin saat melaksanakan kunjungan kerja di Kecamatan Caringin, Rabu (3/11/2021)

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, jika Rp15 juta dikalikan 60 unit, maka anggaran yang digulirkan Pemkab Bogor untuk perbaikan rutilahu di Kecamatan Caringin mencapai Rp900 juta.

Ade Yasin menjelaskan, secara keseluruhan program rehabilitas rutilahu di Kabupaten Bogor pada tahun ini menyasar 2.000 unit, tersebar di 409 desa di 40 kecamatan.

Ia pun berjanji setiap tahun akan terus menggulirkan bantuan rehabilitasi rutilahu untuk masyarakat yang tidak mampu dengan kondisi rumahnya rusak. “Kita perbaiki dengan dana 15 juta per rumah,” tandas Ade Yasin.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DKPP) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Djatnika melanjutkan, perbaikan rutilahu diintervensi dari tiga pos anggaran, yakni APBD Kabupaten Bogor, APBD Provinsi Jawa Barat dan APBN.

Adapun untuk realisasinya, sebanyak 2.000 unit dari APBD Kabupaten Bogor, 780 unit bersumber dari APBD Provinsi Jabar dan 1.404 dari APBN pemerintah pusat.

Pemkab Bogor berharap bahwa dengan adanya bantuan sosial yamg digulirkan ini dapat membantu dan merangsang masyarakat sekitar termasuk aparatur setempat guna bergotong royong membatu perbaikan rutilahu.

“Bansos perbaikan rutilahu ini sebagai stimulan saja. Semakin besar peran masyarakat maka semakin baik kondisi warga yang dibantu,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *