Manfaatkan Teknologi Digital, Ini Keunggulan dari Ruang Sidang Modern di PN Bogor

  • Whatsapp
Ridwan kepala PN Kota Bogor saat memberikan pelakat kepada Wali Kota Bogor Bima Arya dalam acara peresmian ruang persidangan modern berbasis teknologi informasi (07/02/2020)

Keunggulan dari ruang persidangan modern ini mampu mendukung pelaksanaan persidangan elektronik (e-litigasi)

BOGOR, ceklissatu.com – Persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Kelas I B, Kota Bogor, Jawa Barat akan memberlakukan berbasis teknologi informasi. Ruang persidangan modern ini diklaim merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia karena telah dilengkapi dengan perangkat dan fitur digital.

Bacaan Lainnya

“Keunggulan dari ruang persidangan modern ini mampu mendukung pelaksanaan persidangan elektronik (e-litigasi),” ungkap Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Prim Haryadi usai meresmikan ruang persidangan modern berbasis teknologi informasi yang dilaksanakan di Pengadilan Negeri (PN) Kelas I B, Kota Bogor, Jumat (7/2/2020).

Ia mengatakan, keunggulan lainnya adalah mampu mendukung pelaksanaan acara pemeriksaan saksi atau ahli dengan menggunakan fitur video conference multi user.

“Ini kan bisa dengan video juga, bisa teleconference. Intinya, inovasi peradilan modern ini dapat mempermudah majelis hakim maupun pihak terdakwa dan kuasa hukum saat menggelar persidangan karena menggunakan teknologi digital,” ucap Prim.

Dirinya menambahkan, keunggulan lain dari inovasi ini mampu menciptakan arsip digital berupa file, audio, visual, hasil rekaman selama proses persidangan secara real time dengan fitur live recording dan didukung fitur live streaming yang terintegrasi dengan jaringan internet.

Sambung Prim, di ruang persidangan modern ini juga dilengkapi dengan perangkat visualiser. Perangkat ini bisa menampilkan barang bukti lebih jelas dan bisa dapat digunakan saat proses pemeriksaan saksi atau ahli secara jarak jauh.

“Diharapkan ruang persidangan modern ini mampu memberikan peradilan yang cepat bagi masyarakat serta dapat menjadi pilot project kepada pengadilan negeri lainnya di Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pengadilan Negeri Kota Bogor Ridwan menjelaskan, dalam peradilan modern ini dapat memberikan kesempatan kepada saksi persidangan yang tidak bisa hadir melalui teleconference.

Terkait aturan hukumnya, lanjut Ridwan, PN Kota Bogor tengah berkordinasi dengan Mahkamah Agung untuk mengatur regulasinya.

Yang pasti, kata dia, inovasi ini untuk mendukung proses peradilan yang cepat dan akurat.

“Kita masih konsultasi ke Mahkamah Agung bagaimana regulasi selanjutnya. Inovasi ini untuk mendukung agar persidangan lebih efisien,” pungkas dia.

Penulis : Ramdhan TB
Editor : Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *