Dewan Minta Pansel dan Pemkot Bijak Perhatikan Syarat dan Aturan Open Bidding

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Hasil lelang jabatan pada tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yang tinggal menghitung hari, mendapat kritikan dari legislator.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor, Saeful Bakhri mengatakan, Panitia Seleksi (Pansel) dan Pemkot Bogor harus bijak dengan memperhatikan beberapa persyaratan dan aturan yang berlaku.

Bacaan Lainnya

Ia mencontohkan bahwa salah satunya adalah jabatan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) yang harus merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 49 Tahun 2016 tentang Pedoman Teknis Pengorganisasian Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten /Kota.

Menurutnya, Dinkes Kota Bogor merupakan dinas Type A yang Kepala Dinasnya membawahi Sekretaris, kabid, kasi/ kasubag dan UPT2 di bawahnya. Termasuk RSUD, berdasarkan perda pendirian direkturnya eselon 2B.

“Nah, nanti dalam perda perubahan kelembagaan yang proses pembahasannya sedang dilakukan sebagai organisasi khusus,” katanya, Rabu (11/3/2020).

Dengan demikian, kata Saeful, pansel seharusnya memperhatikan persyaratan calon kepala Dinkes berdasarkan Permenkes. Selain itu, sambungnya, ada beberapa pertimbangan kepangkatan dan pendidikan yang mesti menjadi acuan.

“Apakah pernah calon itu menduduki jabatan administrator paling singkat dua tahun. Apakah sudah mengikuti dan lulus Diklatpim III. Lalu, Pelatihan teknis apa saja yang sudah diikuti calon,” katanya.

Ia pun menyoroti para peserta open bidding untuk jabatan Kepala Dinas Kesehatan. Dimana di dalamnya terdapat tiga calon, yang dua di antaranya berstatus kepala puskesmas dan seorang lainnya menduduki jabatan administrator.

“Kita bisa bayangkan, apabila kepala puskesmas menjadi kepala dinas dan harus memimpin jabatan struktural eselon 3A, 3B dan seterusnya, termasuk di dalamnya nanti harus menjalankan fungsi pengawasan di RSUD,” ucapnya.

Editor : Edwin Suwandana

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *