Pembangunan Pasar Desa di Sukamantri Pakai Dana Desa

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamantri, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor membangun pasar desa di atas lahan pemerintah seluas 890 meter. Pembangunan tersebut, baru saja dimulai sejak satu bulan lalu dan kini masih terus dilakukan.

Sekretaris Desa Sukamantri Fuja Aditiya Suryadiningrat mengatakan, pembangunan pasar desa ini akan dilakukan secara tiga tahap, dimana untuk tahap pertama dilakukan di tahun ini sebanyak 5 kios.

Bacaan Lainnya

“Untuk totalnya ada 23 kios, tapi kita lakukan pembangunannya tiga tahap, tahun ini 5 kios dulu, kemudian tahun depan rencananya 10 kios dan di tahun berikutnya (tahap tiga) 8 kios. Tahap pertama ini kita siapkan Rp 180 juta yang bersumber dari dana desa (DD),” katanya, Selasa (9/11/2021).

Lanjut Fuja, dibangunnya pasar desa itu tujuannya untuk meningkatkan pendapatan asli desa (PADes), dimana pasar desa itu nantinya di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sukamantri.

“Proses pembangunannya juga kita berdayakan masyarakat sekitar, jadi tenaga kerjanya dilakukan warga. Kita sih targetnya akhir tahun ini tahap pertama bisa selesai, sehingga bisa beroperasi,” ujarnya.

Kata Fuja, jika sudah mulai beroperasi kios-kios yang tersedia di pasar desa itu bisa di sewa oleh pedagang. Namun untuk besarannya, pihak desa belum bisa sampaikan.

“Untuk sewanya, kita belum sampaikan ya. Nanti saja kalau sudah selesai semua,” katanya.

Disinggung soal izin, kata Fuja, masih on progres. “Untuk izin masih on progres ya,” pungkasnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *