Pembangunan Alun-alun Kota Bogor Ditargetkan Rampung Desember 2021

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Proyek pembangunan Alun-alun Kota Bogor di lahan eks-Taman Topi terus dikebut. Sejak mulai dilakukan pembangunan pada Juni 2021 lalu, Alun-alun ditargetkan selesai pada akhir 2021. Saat ini proses pembangunannya sudah mencapai 25 persen.

“Pembangunan Alun-alun Kota Bogor saat ini kurang lebih sudah 25 persen. Alhamdulillah sampai saat ini perkembangannya cukup bagus,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor Juniarti Estiningsih, Jumat (10/9/2021).

Bacaan Lainnya

Diketahui, pembangunan empat zona di Alun-alun Kota Bogor dikerjakan sekaligus. Namun, kata Esti sapaanya, akan diprioritaskan pada bagian yang dinilai mesti diprioritaskan dahulu.

“Kita kerjakan langsung sekaligus, jadi mana yang bisa dikerjakan lebih dahulu langsung dikerjakan. Seperti saat ini sedang dibangun jalur pedestariannya, jogging track, plaza, semua zona sudah mulai dikerjakan,” ungkapnya.

Esti menyebutkan, secara umum pembangunan Alun-alun Kota Bogor tersebut bakal dibagi dalam empat zona. Yakni, zona botani, zona olahraga, zona plaza dan zona rohani. Sehingga nantinya Alun-alun Kota Bogor tidak hanya berfungsi sebagai alun-alun. Namun juga memiliki berbagai fasilitas dan sarana prasarana penunjang lainnya.

Lebih lanjut, untuk zona botani, sambung Esti, nantinya zona tersebut bakal ditanami sekitar 300 lebih jenis tanaman yang akan dijadikan hutan kota. Sementara untuk zona olahraga, akan ada jogging track dan sarana olahraga lainnya.

Kemudian untuk zona rohani, nantinya akan dipasang hiasan Asmaul Husna. Selain itu, di Alun-alun Kota Bogor ini juga nantinya akan dilengkapi dengan sejumlah diorama perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Sebagai bentuk mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan.

“Sementara untuk zona plaza, kami akan lengkapi dengan area semacam teater. Area tersebut bisa dipakai untuk tempat pertunjukan atau pagelaran seni seperti yang ada di Taman Ekspresi di Kelurahan Sempur, Kota Bogor,” pungkasnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *