Pemanasan Global Capai Titik Tertinggi selama Ribuan Tahun

  • Whatsapp

JAKARTA, Ceklissatu.com – Laju pemanasan global dilaporkan semakin melonjak ke skala yang belum pernah terjadi selama ribuan tahun. Hal itu diungkap dalam laporan yang dirilis Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) dalam Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC).

“Skala perubahan yang terjadi baru-baru ini, belum pernah terjadi dalam ratusan atau ribuan tahun sebelumnya,” kata Sekretaris Jenderal WMO Petteri Taalas, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Jumat (10/9).

“Banyak perubahan akibat emisi gas rumah kaca di masa lalu dan masa depan yang tidak dapat diubah selama berabad-abad hingga ribuan tahun, terutama perubahan di lautan, lapisan es, dan permukaan laut global,” kata WMO.

Perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia telah mempengaruhi banyak cuaca dan iklim ekstrem di setiap wilayah di seluruh dunia.

Bukti perubahan ekstrem yang sekarang terjadi mulai dari gelombang panas, curah hujan yang deras, kekeringan, dan proporsi siklon tropis yang intens. Dibanding dengan laporan IPCC pada 2014, dampak dari cuaca ekstrem sekarang tercatat semakin mempengaruhi kelangsungan hidup manusia.

“Kenyataan pahit dari perubahan iklim sedang terjadi secara real-time di depan mata kita sendiri. Ini ibarat pendahuluan dari apa yang bakal dihadapi generasi mendatang,” kata dia.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *