Peluang Andika Jadi Panglima TNI, DPR Bisik-bisik Begini

  • Whatsapp

JAKARTA, Ceklissatu.com – Peluang Kepala Staff Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI gantikan Marsekal Hadi Tjahjanto, membuat DPR bisik-bisik.

Pimpinan Komisi I DPR RI sendiri mengaku belum menerima surat dari Presiden Joko Widodo atas nama calon yang diajukannya menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut juga diungkap Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari yang menegaskan belum ada surat masuk dari Jokowi terkait calon Panglima TNI baru.

Andika Perkasa Panglima TNI

Sinyal munculnya nama Andika sebagai calon tunggal pengganti Marsekal hadi Tjahjanto yang akan masuk masa pensiun pada November 2021 tersebut kembali muncul.

Salah satu anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Effendi Simbolon bisik bisik jika Andika Perkasa akan menjadi calon tunggal pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sayangnya Abdul Kharis enggan mengomentari nyanyian Effendi Simbolon terkait nama yang disebutnya menjadi calon tunggal Panglima TNI.

“Silakan ditanyakan ke dia (Effendi saja),” demikian Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Panglima TNI Marsekal Hadi akan memasuki masa pensiun pada 8 November 2021 tepat di hari ulang tahunnya yang ke-58.

Namun hingga hari ini, DPR masih belum menerima Surat Presiden (Surpres) terkait pergantian Panglima TNI yang biasanya sudah keluar tiga bulan sebelum Panglima TNI yang bertugas pensiun.

Dalam pemilihan Panglima TNI, presiden memiliki hak prerogatif menunjuk orang yang akan memimpin selanjutnya. Karena, posisi Panglima TNI tak seperti jabatan menteri yang dapat diperpanjang masa tugasnya.

Jelang pergantian Panglima TNI, sosok KASAD Jenderal Andika Prakasa digadang-gadang jadi calon kuat.

Sebagaimana yang diungkapkan anggota Komisi I dari Fraksi Partai Demokrat, Syarif Hasan menilai dari nama tiga kepala staf yang kekinian disebut-sebut sebagai pengganti Hadi, KASAD Jenderal Andika Prakasa yang cenderung tepat duduk di kursi Panglima TNI.

“Memang yang menonjol sekarang itu Pak Andika. Sangat menonjol sekali kinerja dan performanya dan mudah-mudahan yang terbaik lah yang diserahkan presiden,” kata Syarif di Kompleks Parlemen DPR, Rabu (1/9/2021).

Syarif menyebutkan sejumlah kinerja Andika yang dianggal menonjol dibanding dua kepala staf lainnya. Pertama ialah upaya Andika dalam meningkatkan keahilan para prajurit di TNI AD

Kemudian kata Syarif, yakni pembenahan SDM dilingkungan matra Darat yang telah dilakukan Andika.

“Sekalipun kepala staf yang lain melakukan hal yang sama, tapi memang Pak Andika perform sekali,” ujar Syarif.

Kendati begitu, Syarif mengatakan penilaian siapa sosok terbaik  sebagai Panglima TNI sepenuhnya merupakan wewenang Presiden Jokowi. Ia hanya berharap nama pengganti Hadi segera diajukan, mengingat masa pensiun Hadi yang kian mendekat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *