Pameran Wayang Jawa Indonesia Digelar Sebulan Penuh di Prancis

  • Whatsapp

JAKARTA, Ceklissatu.com – Pameran Wayang Jawa digelar oleh Les Amis de Querrieu dan pemilik Château Querrieu di kota Amiens, Prancis. Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Paris, Warsito mengapresiasi penyelenggaraan acara yang diadakan selama satu bulan, mulai tanggal 1 s.d. 30 September di Château Querrieu-Amiens, 200 kilometer sebelah utara Paris. Warsito berharap kerja sama yang baik antara berbagai pihak dalam melestarikan budaya nusantara dapat terus terjalin.

“Wayang merupakan satu dari ribuan kekayaan budaya Indonesia,” tutur Warsito dalam keterangan persnya, Rabu (15/9).

Bacaan Lainnya

Untuk mengetahui lebih dalam tentang Wayang, ia mempersilahkan warga Prancis untuk datang berkunjung ke Indonesia saat Covid-19 telah usai.

Tari Topeng Klana asal Surakarta, Jawa Tengah menjadi penampilan pembuka dalam acara pameran. Tarian ini terinspirasi dari cerita asli Jawa bernama “Panji” yang mengisahkan tiga tokoh utama, yaitu Prabu Klana, Dewi Sekartaji dan Raden Panji. Setelah penampilan tersebut para tamu undangan dipersilahkan untuk mengunjungi ruangan pameran wayang secara bergiliran.

Jenis wayang yang merupakan koleksi tunggal Dokter Héduin mencapai lebih dari 250 wayang. Jenisnya mulai dari wayang kulit, golek, dan klithik. Beberapa tokoh utama wayang juga dilengkapi dengan penjelasan nama dan karakter dari wayang tersebut.

Sesaat sebelum acara ditutup, sebuah tarian tradisional Indonesia ditampilkan kembali. Tarian tersebut berasal dari Banyuwangi, bernama Tari Jejer Jaran Dawuk. Umumnya tarian ini ditarikan sebagai pembuka pada upacara ritual Petik Laut atau pada pertunjukan Gandrung selain saat setelah panen sebagai wujud terima kasih terhadap Dewi Sri (Dewi Padi). Tarian ini juga sering ditampilkan sebagai tarian penyambut tamu.

Dalam acara tersebut hadir sekitar 57 orang tamu undangan yang berasal dari pejabat kota, keluarga bangsawan D’Alcantara, pimpinan asosiasi setempat, dan wartawan kota setempat. Tamu undangan sangat antusias terhadap budaya Indonesia dan membuat acara pameran wayang ini semakin meriah. “Melalui pertunjukan ini, diharapkan budaya dan seni Indonesia semakin diminati oleh warga Prancis,” tutup Warsito.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *