Musrembang Dan RPJMD Kota Banjar, Dukung Ide Kreatif Masyarakat Melalui Penemuan Teknologi

  • Whatsapp

BANJAR,Cekkissatu.com-Walikota Banjar Ade Uu Sukaesih membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang), Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), di Aula Somahna Bagja Dibuana Kantor Setda Kota Banjar, Jum’at (29/10/21).

Rangkaian kegiatan Pra Musrenbang dan Musrenbang perubahan RPJMD Kota Banjar tahun 2018-2023 ini, dilaksanakan mulai hari Selasa sampai dengan Ju’mat (26 – 29/10/ 2021) bertempat di Lembah Pejamben, Situ Leutik dan Aula Somahna Bagja Dibuana Sekretariat Daerah Kota Banjar.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Banjar, Forkopimda Kota Banjar, Sekretaris Daerah Kota Banjar, Para Kepala OPD, Akademisi, serta Tokoh Masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan Penilaian Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kota Banjar Tahun 2021 dari dua Kategori, Yaitu Kategori Masyarakat dan Kategori Mahasiswa/Perguruan Tinggi.

Untuk Kategori Masyarakat, Juara Satu dimenangkan oleh Dadan Sartika dengan Inovasi Traktor Moni Portable Serba Guna, Juara Dua dimenangkan oleh Didin Komarudin, S.T., Dengan Inovasi Mesin Rontok Padi dan Juara tiga dimenangkan oleh Aan Alamsyah dengan inovasi Alat Peraga Edukasi Gejala Alam.

Untuk kategori Perguruan Tinggi, juara satu dimenangkan oleh Zaki Hamdan Al Masih dengan Inovasi mesin pencacah sampah organik berdasarkan tinggi antropometri operator berasal dari STIP Banjar, juara 2 dimenangkan oleh Zulaeha dengan inovasi alat kalibrasi arah kiblat untuk masjid dan kuburan berasal dari STIP Muhammadiyah Banjar, dan juara 3 di menangkan oleh Dian Surya dengan inovasi mesin penetas telur dengan sistem pengontrol suhu dan pemutar telur otomatis berasal dari STIE BP Banjar.

Dalam sambutannya Walikota Banjar menuturkan, bahwa tahun ini telah dilaksanakan penganugrahan juara lomba inovasi teknologi tepat guna ( TTG) tahun 2021 tingkat Kota Banjar.

“Ini adalah lomba pertama kali yang diinisiasi oleh Bappeda kota Banjar, dalam rangka mendorong berkembangnya ide-ide kreatif dan inovatif masyarakat serta untuk mendukung pengembangan wilayah melalui penemuan teknologi tepat guna berbasis keunggulan dan potensi lokal,” ucapnya.

Walikota juga menambahkan, RPJM merupakan pedoman bagi perencanaan nasional maupun perencanaan daerah karena perencanaan pusat dan perencanaan daerah menjadi satu kesatuan dalam sistem perencanaan nasional.

“Pembangunan Kota Banjar ini diarahkan untuk mendukung pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan nasional dengan target yang jelas disertai arah kebijakan dan pembangunan wilayah berdasarkan koridor pertumbuhan dan pemerataan. Maka dalam kegiatan Musrenbang ini saya berharap adanya kebersamaan, partisipasi serta dukungan semua pihak Karena tanpa itu semua sulit kiranya untuk mewujudkan itu semua. Oleh karena itu Mari kita bergandengan tangan bahu membahu bersatu untuk mewujudkan Kota Banjar ke arah yang semakin baik untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *