Menderita Paralisis, Wanita Paruh Baya di Kota Batu Dapat Bantuan Kursi Roda

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Perempuan paruh baya bernama Dedeh (72) yang tinggal di Gang Acing, RT02, RW02, Desa Kota Batu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, yang kini tak berdaya karena menderita paralisis atau kelumpuhan akhirnya mendapat perhatian setelah didorong LSM Masyarakat Pejuang Bogor (MPB).

Perhatian tersebut berupa kursi roda yang diserahkan langsung Ketua MPB, Atiek Yulis Setyowati dihadapan Camat Ciomas Chairuka Judhyanto dan Kepala Desa Kota Batu, Ratna Wulansari, pada Rabu (6/10/2021).

Bacaan Lainnya

Atiek mengatakan, adanya bantuan kursi roda ini setelah sebelumnya dia mendapat laporan bahwa ada warga kurang mampu yang kini sedang sakit sudah 6 bulan tidak bisa jalan kemudian membutuhkan bantuan berupa kursi roda.

“Dari situlah kami tergerak, kami mencari dan coba menjembatani ke Dinas Sosial hingga donatur dan akhirnya ada donatur yang bisa ngasih bantuan tersebut kepada Bu Dedeh yang kini sedang berbaring sakit. Kebetulan bantuan ini dari Alfamart,” kata Atiek kepada wartawan usia menyerahkan kursi roda.

Dia menuturkan, setelah meninjau langsung ke rumah warga penerima manfaat ini memang betul-betul kondisinya sangat memprihatinkan dan sangat tidak mampu, sehingga pihaknya akan mencoba mencari bantuan-bantuan lain guna meringankan beban keluarganya.

“Ya, setelah kita ke sini kemudian melihat di sekelilingnya memang betul-betul keluarga ini kondisinya sangat tidak mampu. Jadi kita berencana bukan hanya kursi roda saja dan kita akan assesment apa saja yang dibutuhkan yang kemudian kita tindaklanjuti,” ujarnya.

Lanjut Atiek, bahwa keluarga ini ternyata terkendala BPJS PBI dan pihaknya akan mengecek BPJS tersebut. “Berdasarkan informasi dari kades katanya warga ini sudah didaftarkan dan sudah lama, tetapi belum menerima kartu-nya. Nah, kita kan cek apakah sudah terdaftar atau belum. Kalau memang belum, akan kami kawal sampai kartunya jadi, karena ini memang layak mendapat hak nya untuk bisa mendapatkan BPJS,” tegas Atiek.

Bukan itu saja, kata Atiek, bahwa kadesnya itu menyatakan bahwa warganya ini menjadi prioritas pemerintah untuk mendapat bantuan seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa.

“Inilah artinya kita datang itu bersinergi, sinergitas yang kita bangun ini bisa membantu masyarakat yang tidak mampu. Kalau kita semuanya gotong royong pasti semuanya akan tertuntaskan satu demi satu dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Ciomas Chairuka Judhyanto menyampaikan ucapan terimakasih kepada MPB yang sudah bersinergi dengan pemerintah desa, yang sudah membantu warga Kota Batu ini.

“Saya minta permasalahan seperti ini harus di update dengan baik oleh pemerintah Desa hingga tingkat RT dan RW. Dan, diupayakan data yang akurat,” singkat Chairuka.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Kota Batu Ratna Wulansari mengaku, bahwa pemerintah desa sudah mengajukan permohonan bantuan kursi roda ini ke Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor.

“Jadi memang kursi roda ini sudah diajukan ke Dinsos juga dari kader kami, tapi alhamdulillah luar biasa bunda dari MPB ini memberi bantuan kursi roda kepada warga kami. Mudah-mudahan kita bisa terus bersinergi dan tidak hanya di sini, karena kami memang butuh teman, sahabat, yang betul-betul berjiwa sosial,” pungkasnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *