Masjid Raya Kota Bogor Tiadakan Salat Idul Adha

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Sesuai arahan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Masjid Raya Kota Bogor, yang berada di Jalan Pajajaran, Kota Bogor pastikan tidak menggelar ibadah Salat Idul Adha 1442 Hijriah yang jatuh pada Selasa (20/7/2021). Hal itu sebagai upaya menghindari kerumunan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Kota, Ahmad Fathoni membenarkan pihaknya tidak menggelar pelaksanaan Salat Idul Adha tahun ini.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah salah satu bentuk support kami untuk pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19. Mengingat saat ini kasus Covid-19 di Kota Bogor sedang tinggi,” kata Ahmad Fathoni, Selasa (20/7/2021).

Ahmad menambahkan, tidak hanya peniadaan Salat Idul Adha, pihaknya pun tidak melakukan pemotongan hewan kurban yang biasa dilakukan di halaman Masjid Raya Kota Bogor, dan untuk tahun ini dialihkan ke Rumah Potong Hewan (RPH).

“Pemotongan hewan kurban juga kami alihkan ke RPH sesuai anjuran pemerintah. Jadi di tahun ini kegiatan keagamaan di Masjid Raya Kota kami tiadakan sementara, khawatir menjadi klaster penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkot Bogor secara resmi melarang pelaksanaan ibadah Salat Idul Adha pada tahun ini. Baik pelaksanaan salat Idul Adha di masjid atau musholla yang ada di Kota Bogor.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menegaskan, bahwa pelaksanaan Salat Idul Adha sudah diatur dalam surat edaran Wali Kota Bogor Nomor 400/3585-Kesra tentang protokol kesehatan penyelenggaraan Hari Raya Idul Adha di masa penerapan PPKM Darurat di Kota Bogor.

“Sudah jelas bahwa edaran dari kementerian agama bahwa di masjid tidak diadakan kegiatan berjamaah salat id,” kata Bima, Senin (19/7/2021).

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *