Masih Melihat Adanya Egoisme, Dewan Minta Pemkab Bogor Serius Pulihkan Ekonomi

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto meminta Pemkab Bogor untuk memposisikan diri yang semestinya jika betul-betul ingin melakukan pemulihan ekonomi.

Menurutnya, harus ada langkah konkret yang dilakukan Pemkab Bogor untuk membangkitkan kembali gairah ekonomi yang terpuruk akibat Pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Kalau kita ingin memulai percepatan pemulihan ekonomi ini, tentunya semua langkah harus betul-betul mengena. Caranya dengan integrasi program kegiatan antar SKPD,” kata Rudy dalam Focus Group Discussion (FGD) di Gedung Serbaguna DPRD, Selasa (7/8/21).

Sejauh ini, Rudy melihat masih ada egoisme dari pemerintah yang lebih mengedepankan program yang bukan prioritas. Misalnya pada sektor pendidikan yang seharusnya mengutamakan program mengajar membangun manusia bukan pada pembangunan infrastruktur sekolah.

“Sesuai dengan Karsa Bogor Cerdas, investasi terbaik hari ini adalah investasi sumber daya manusia. Kemudian karsa-karsa yang lain tentunya bukan hanya sebuah jargon, tapi ini sebuah program yang apabila implementasinya dilakukan dengan maksimal sesuai dengan visi dan misi kepala daerah, saya yakin percepatan pemulihan ekonomi dapat terealisasi dengan mudah,” kata Rudy.

Diketahui, laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bogor selam Pandemi Covid-19 melanda, merosot tajam. Dari 5,85 persen ditahun 2019, menjadi minus 1,77 persen ditahun 2020.

Turunnya laju ekonomi tersebut merupakan dampak daripada tingginya angka pengangguran di Kabupaten Bogor.

Saat ini, pemerintah mencatat tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Bogor meningkat. Dari 9,06 persen ditahun 2019 naik menjadi 14,29 persen ditahun 2020.

Tak hanya itu, hal tersebut juga berdampak pada meningkatnya penduduk miskin di Kabupaten Bogor. Dari 6,66 persen ditahun 2019, menjadi 7,69 persen ditahun 2020.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *