JAKARTA, CEKLISSATU – Pensiunan wartawan Jawa Pos (JP), Abdul Muis setelah aksi Gowes Surabaya-Jakarta lima hari, Jumat siang (1/12/2023) ini, mendatangi Dewan Pers di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Mantan wartawan senior JP berusia 60 tahun ini, minta dukungan Dewan Pers terkait ikhtiar  para mantan awak media JP memperjuangkan hak menopang hidup hari tua insan pers, soal saham 20 persen milik seluruh karyawan.

"Kedatangan saya dengan didukung wartawan-wartawan muda ibukota, ingin mengetuk hati nurani para komisaris JP, Goenawan Mohamad dkk agar peduli nasib karyawan yang sudah pensiun, banyak yang hidup sengsara," ungkap Abdul Muis (Amu), di Dewan Pers, Jumat (1/12/2023).

Baca Juga : Pengurus Forum Pemred Media Siber Se-Indonesia Dilantik di Hall Dewan Pers

Ketua Dewan Pers, Dr Ninik Rahayu saat ditemui Amu mengatakan, sangat mengapreasi perjuangan mantan wartawan JP yang menyampaikan aspirasi dengan Gowes dari Surabaya ke Jakarta.

4 Ft Mantan Karyawan JP 2.webp
DATANGI DEWAN PERS: Pensiunan wartawan Jawa Pos (JP), Abdul Muis setelah aksi Gowes Surabaya-Jakarta lima hari, Jumat siang (1/12/2023) ini, mendatangi Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

"Saya prihatin. Seharusnya persoalan ini bisa sejak awal, karena ada hak dan kewajiban. Jadi, tidak perlu harus ada yang Gowes ke Jakarta hanya untuk meminta hak karyawan," kata Ninik Rahayu.

Ninik mengaku, baru mendengar persolan ini. Dewan Pers, kata dia, akan mempelajari masalah tersebut. 

"Saya berharap bisa diselesaikan sebaik-baiknya secara damai dan secepatnya. Kalau bisa tidak harus melalui jalur hukum," tegas Alumni Universitas Negeri Jember ini.