Lewat Toa Masjid Kades Curug Umumkan Warga, Tidur Jangan Terlalu Lelap

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com—Dua Kampung di Desa Curug, Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor terancam bencana longsor, Kampung Curug RT 01, RW 01, dan Asuh RT 06 RW 3.

Setiap turun hujan warga di sana selalu was-was dan kerap dihantui rasa takut dengan bencana longsor tebingan setinggi 100 meter yang kerap terjadi ketika musim penghujan datang.

Hal itu dibenarkan Kades Curug, Aton bahwa memang benar ketika turun hujan bencana longsor sering terjadi di dua Kampung ; Kampung Curug dan Kampung Asuh.

Bahkan kata Aton, pihaknya Ketika turun hujan selalu melakukan diteksi dini dengan mengumumkan ke warga lewat Toa atau pengeras suara Masjid agar warga tidur tidak terlalu lelap.

“Ketika turun hujan sore hari saya memerintahkan staf desa dan RT RW agar melakukan pengumuman (diteksi dini) agar warga waspada dan tidur tidak terlalu lelap untuk menghindari adanya korban bencana longsor,”katanya.

Bahkan lebih lanjut ia mengatakan longsor di Kampung Curug itu sudah dua kali terjadi awal 2020 dan pertengahan 2021.

Longsoran tebingan menutup aliran sungai Cibeureum sehingga terjadinya banjir.

“Titik longsoran itu tidak jauh dari pemukiman warga di Kampung Curug kurang lebih ada 100 jiwa yang terancam belum lagi di Kampung Asuh,”katanya.

Dari itu ia berharap agar tebingan yang sering terjadinya longsor ketika turun hujan besar, segera dibangun oleh dinas terkait.

“Kita sudah usulkan dua kali di musrembang, namun belum terealisasi.”pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *