Layakkah Kabupaten Bogor Raih Penghargaan Sebagai Kabupaten Layak Anak

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Kabupaten Bogor diganjar penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dengan Kategori Madya.

Menerima langsung penghargaan tersebut secara virtual, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, penghargaan tersebut harus menjadi cambuk bagi pemerintah untuk lebih keras lagi dalam menjaga dan melindungi anak di Kabupaten Bogor.

Bacaan Lainnya

“Kami akan terus meningkatkan komitmen terhadap perlindungan perempuan dan anak di Kabupaten Bogor. Kekerasan terhadap anak harus diminimalisir, bahkan tidak boleh ada di Kabupaten Bogor. Status Kabupaten Layak Anak harus dipertahankan, bahkan tahun berikutnya harus meningkat,” kata Iwan, Kamis (29/7/21).

Namun begitu, penghargaan KLA yang diraih Kabupaten Bogor itu memancing reaksi keras dari Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Arist Merdeka Sirait.

Arist mempertanyakan penghargaan yang didapat Kabupaten Bogor tersebut. Sebab,
wilayah ini masih sangat banyak catatan yang kurang baik soal perlindungan anak.

“Masih banyak masalah anak, penculikan, kawin kontrak di puncak itu gak selesai. Belum lagi eksploitasi anak, trafficking dan kekerasan anak juga,” cetus Arist.

Menurutnya, contoh kasus tersebut adalah beberapa indikator yang menjadi wilayah sebagai daerah layak anak.

“Jadi kriterianya saya masih gak ngerti. Karena faktanya masih jauh dari harapan,” tegasnya.

Namun demikian, Arist berharap momen penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Bogor menjadi pembelajaran untuk meningkatkan kelayakan daerah kepada anak.

“Saya kira penghargaan ini harus jadi momen perbaikan di Kabupaten Bogor bukan hanya sebagai pencitraan,” tandas Arist.

Editor : Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *