KWB Kota Bogor Kembali Menggelar Sidang Itsbat, Puluhan Pasutri Sumringah

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Organisasi Masyarakat Kerukunan Warga Bogor (KWB) Kota Bogor bekerjasama dengan kantor Pengadilan Agama (PA) Bogor kelas 1A kembali menggelar Itsbat Nikah Massal ketiga tahun 2021.

Tercatat, ada sebanyak 53 pasangan suami istri (pasutri) yang berasal dari masing-masing kecamatan di Kota Bogor telah mengkuti sidang itsbat nikah di kantor PA Bogor, Jalan KH. R. Abdullah Bin Nuh, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Bacaan Lainnya

Ketua KWB Kota Bogor, Tb. Alex Solihin mengatakan, itsbat nikah ini untuk memberikan kemudahan bagi warga Kota Bogor yang belum memiliki buku nikah dan belum tercatat resmi oleh negara.

“Alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar, selesai satu hari dari pagi sampai siang. Untuk peserta ini berbagai macam usai pernikahannya yang belum memiki buku nikah, ada ada yang sudah 15 tahun, 23 tahun bahkan ada juga yang sudah diatas 60 tahun,” ucapnya.

Dari keseluruhan peserta yang berasal dari masing-masing kecamatan, lanjutnya, yang paling banyak dari Kecamatan Tanah Sareal, Barat dan Utara. Sebetulnya yang daftar peserta totalnya ada 74 pasangan, namun karena dibatasi waktu dan persyaratan, akhirnya hanya ada 53 pasang yang mengikuti.

“Biasanya yang tidak ikut tahun ini, tahun selanjutnya pasti akan menanyakan kapan diadakan itsbat nikah kembali,” ungkapnya.

Ditambahkan Sekretaris KWB, Anita Primasari Mongan, bahwa itsbat nikah di tahun ini Blberbeda dari tahun sebelumnya, Anita mengaku, tahun ini itsbat nikah massal yang diselenggarakan oleh KWB Kota Bogor peserta tidak dikenakan biaya alias gratis.

 

“Tahun ini biaya ditanggung oleh pihak PA Bogor. Terimakasih kepada ketua PA Bogor beserta jajaran bahwa kegiatan kami tahun ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Terimakasih juga kepada pihak Kementerian Agama, Kader KUA karena biasanya sidang selesai, keputusan pengadilan ada, KUA ini yang menerbitkan buku nikahnya,” jelasnya.

KWB Kota Bogor juga telah bekerjasama dengan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor khususnya Disdukcapil. “Jadi nanti pasutri yang sudah memiliki buku nikah, kita daftarkan untuk memperoleh Kartu Keluarga (KK) dari Disdukcapil Kota Bogor,” terang Anita yang juga anggota DPRD Kota Bogor Fraksi Demokrat ini.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Agama Bogor, Nasrul menambahkan, itsbat nikah ini bisa terlaksana berkat kerjasama PA Bogor dengan KWB Kota Bogor. Itsbat nikah tahun ini juga biayanya ditanggung oleh PA Bogor sebagai bentuk perhatian dalam rangka mentertibkan data kependudukan warga Kota Bogor, terutama tentang kepemilikan buku nikah.

“Semoga di tahun selanjutnya kita bisa terus bersinergi mengadakan itsbat nikah terpadu tidak hanya dengan KWB Kota Bogor, melainkan bersama Kementerian Agama, Disdukcapil termasuk harapan biayanya bisa ditanggung oleh negara,” singkatnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *