Kota Bogor Belum Berlakukan Sertifikat Vaksin Sebagai Syarat Masuk Mall

  • Whatsapp
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto didampingi Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat meninjau persiapan operasional Mall BTM, Sabtu (21/8/2021). Foto: Wulan

BOGOR, Ceklissatu.com – Jika Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah diperbolehkan untuk membuka kembali mal,maka Pemkot Bogor belum memberlakukan sertifikat vaksin sebagai syarat masuk mall

Hal itu disampaikan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto saat meninjau persiapan opersional mal di Bogor Trade Mall (BTM) Kota Bogor, Sabtu (21/8/2021). Ia memperbolehkan warga yang belum divaksin untuk ke mal, namun dengan protokol kesehatan (prokes) ketat sesuai ketentuan yang berlaku.

Bacaan Lainnya

Alasannya, Bima menyampaikan, bahwa seluruh warga Kota Bogor belum divaksin Covid-19. Saat ini pelaksanaan vaksinasi di Kota Bogor baru mencapai 53 persen untuk dosis pertama dan penyuntikan dosis kedua berjalan 26 persen.

“Boleh ke mal (yang belum divaksin) karena Kota Bogor masih 53 persen, kalau Jakarta kan sudah 100 persen jadi wajar kalau mal terapkan wajib bervaksin. Kalau di Bogor belum, nanti kalau sudah di atas 80 persen sudah bisa kita terapkan itu,” kata Bima, di Mall BTM Kota Bogor, Sabtu (21/8/2021).

Kendati demikian, para pengunjung mal diwajibkan untuk mengunduh aplikasi peduli lindungi, hal itu sebagai screening dan untuk mengetahui kapasitas mal. Selain itu, mal berlakukan pembatasan usai, yang diperkenankan masuk mal yakni, usia di atas 12 hingga 60 tahun.

Lebih lanjut, Bima berpesan bagi para pengunjung mal agar patuh protokol kesehatan (prokes) mulai pengecekan suhu tubuh, masker, dan selalu menjaga jarak.

“Pelanggaran prokes bakal ada sanksi. Ada pos ceklisnya disini (BTM) apa saja yang harus dipenuhi, kalau tidak dipenuhi, pelanggaran prokes pasti ada sanksi,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah mempersiapkan skema pembukaan kembali mal-mal di wilayahnya. Setelah hampir dua bulan mal di Kota Bogor tak beroperasi secara maksimal. Namun sejauh ini, Pemkot masih menunggu arahan lebih lanjut terkait kapan beroperasi pusat perbelanjaan di Kota Bogor.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokopimda) Kota Bogor meninjau persiapan operasional mal di Mall Botani Square dan Bogor Trade Mall (BTM) Kota Bogor, Sabtu (21/8/2021).

Bima Arya menuturkan, pengecekan kesiapan protokol kesehatan sangat penting sebelum pusat perbelanjaan beroperasi. “Kita masih menunggu instruksi menteri selanjutnya, kita berharap mal segera dibuka karena angka Covid-19 di Kota Bogor membaik dan mal secara keseluruhan sudah siap,” kata Bima seusai meninjau kesiapan operasional Mall Botani Square, Sabtu (21/8/2021).

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *