Ketua DPRD Kota Bogor Ikut Panen Padi di Saung Milik Jenal Mutaqin

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Kelompok Tani Subur Makmur, Kelurahan Sindang Rasa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor menggelar panen raya padi bersama Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto dan juga Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Dadang Danubrata, di lahan saung Sadulur JM, Rabu (17/11/2021).

Bukan itu saja, dalam kegiatan panen raya Kelompok Tani Subur Makmur yang digagas Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Jenal Mutaqin itu juga dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pertanian Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor Anas Rasmana, Camat Bogor Timur Rena Da Frina, Lurah Sindang Rasa Dede Sugandi hingga Lurah Curug Kecamatan Bogor Barat Irwansyah.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto menyampaikan apresiasinya kepada Wakil Ketua DPRD Jenal Mutaqin yang sudah menggerakkan masyarakat didalam memanfaatkan lahan perkotaan yang semakin menyempit.

Menurutnya, apa yang dilakukan Wakil Ketua DPRD itu merupakan sebuah contoh bahwa budidaya pertanian masih bisa dilakukan. Apalagi, ini budidaya tanaman pangan berupa padi yang sangat langka di Kota Bogor.

“Jadi ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan sebagai contoh upaya untuk menghadirkan ketahanan pangan masih ada di Kota Bogor. Saya sangat mengapresiasi ini,” kata Atang di lokasi.

Tak lupa, Ia juga meminta semangat yang sudah terbangun ini tetap terjaga dan juga bisa diikuti oleh lapisan masyarakat lainnya, terutama masyarakat yang masih memiliki lahan sekecil apapun di Kota Bogor untuk bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Semangat ini harus tetap dijaga. Sekecil apapun lahan yang dimiliki oleh masyarakat diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dengan ditanam tamanan sayuran sebagai ketahanan pangan bagi kita,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor, Jenal Mutaqin mengatakan, bahwa panen raya ini memang bagian dari rutinitas kelompok tani Subur Makmur setiap per empat bulan.

“Ini rutinitas panen per 4 bulan, panen yang memang terus kita lakukan. Jadi ini sebagai rasa syukur kita setiap panen raya dan kedua momentum ini kita manfaat silaturahmi juga dengan teman-teman di DPRD dan juga aparat serta warga sekitar,” kata Jenal Mutaqin.

Politisi Gerindra yang akrab disapa kang JM ini menambahkan, panen padi kali ini didapat dari lahan sawah seluas 7000 meter, namun untuk hasilnya belum terlihat karena masih proses panen.

Tetapi pada panen sebelumnya, hampir mencapai 12 ton gabah dari lahan seluas 18 ribu meter. “Kalau untuk total lahan ada 2 hektare lebih ya, tapi untuk yang sekarang seluas 7000 meter itu kita belum kelihatan hasilnya berapa. Kalau dilihat dari hasil jenis benih dan jumlah hama, Mudah-mudahan bisa lebih meningkat hasilnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala DKPP Kota Bogor Anas Rasmana mengatakan, bahwa saat ini lahan pertanian di Kota Bogor banyak yang berubah menjadi properti, perkantoran, ruko dan lain sebagainya. Tetapi, Kenal Mutaqin bisa mempertahankan romantisme panen sawah di Kota Bogor.

“Kalau bisa budaya ini jangan sampai hilang, karena produk pangan sangat penting. Nah untuk kekuatan ketahanan pangan ini harus tetap dijaga dan juga untuk pertahanan ekosistem, jadi saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Pak Jenal Mutaqin,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *