JAKARTA, CEKLISSATURusia kembali melakukan serangan ke wilayah Ukraina, di mana rudal Rusia yang ditembakkan itu melewati wilayah NATO pada Jumat 10 Februari 2023 pukul 10.00 waktu setempat.

"Sekitar pukul 10:33, rudal ini melintasi wilayah udara Rumania. Setelah itu, mereka masuk kembali ke wilayah udara Ukraina," ujar Kepala Angkatan Bersenjata Ukraina, Valery Zaluzhny seperti dikutip dari AFP, Jumat 10 Februari 2023.

Kementerian Pertahanan Moldova mengkonfirmasi hal tersebut dan mengatakan telah mendeteksi 'sebuah rudal yang melintasi wilayah udaranya'.

Baca Juga : Ingin Sukses Berjualan di E-Commerce? Berikut Tipsnya

Meski begitu, tanggapan berbeda dilontarkan oleh Rumania. Bucharest menyebut telah mendeteksi rudal yang diluncurkan dari Laut Hitam oleh kapal perang Rusia namun rudal itu tidak sampai memasuki teritori kedaulatannya.

"Titik terdekat dari lintasan target dari wilayah udara Rumania dicatat oleh sistem radar sekitar 35 kilometer (22 mil) timur laut perbatasan," jelas pernyataan dari Kementerian Pertahanan Rumania.

"Dua pesawat MiG-21 Lancer Angkatan Udara Rumania yang bertugas sebagai polisi udara di bawah komando NATO dikirim ke arah utara Rumania untuk melengkapi opsi reaksi kami," tambah pernyataan itu.

Jika memang rudal Rusia telah memasuki wilayah udara Rumania, peperangan yang terjadi di Ukraina dapat tiba dalam tahapan yang baru. Pasalnya, perlintasan rudal itu merupakan sebuah pelanggaran perang dan Rumania merupakan anggota NATO yang notabenenya rival pertahanan Moskow.

Sementara itu, beberapa tetangga Ukraina sendiri berada dalam ancaman rudal yang nyasar ke wilayah mereka disebabkan intensitas serangan udara Rusia dan Ukraina yang meningkat.