Kemacetan Bogor Barat Kian Runyam, Ini Kata Kapolsek

BOGOR, Ceklissatu.com-Kapolsek Ciampea Kompol Beben Susanto membeberkan penyebab terjadinya kemacetan yang kerap terjadi di wilayah barat, Kabupaten Bogor terutama di jalan arteri Ciampea. Selain intensitas jumlah kendaraan, ada beberapa faktor lain juga yang menyebabkan kemacetan hingga dikeluhkan banyak masyarakat.

“Kalau secara teori, kemacetan itu akibat tidak seimbangnya volume kendaraan dengan volume jalan. Karena, kendaraan itu harus ada wadahnya,” ungkap Kompol Beben Susanto kepada wartawan, Kamis 16 Desember 2021.

Bacaan Lainnya

Jadi, kata Kompol Beben Susanto, yang menjadi faktor penyebab kemacetan itu bukan hanya sekedar persimpangan, kondisi jalan rusak, volume kendaraan yang melebihi kapasitas jalan dan kurangnya disiplin warga dalam berkendara yang membuat terhambatnya arus lalulintas.

“Jadi, yang kita lihat volume disini lalulintas melelebihi kapasitas jalan,” ucapnya.

Lebih lanjut Kompol Beben Susanto mengatakan, dengan 3 orang anggota Unit Lalulintas di Polsek Ciampea, pihaknya tetap berupaya mengatur arus lalulintas dengan memploting anggotanya di persimpangan dan jalan rusak.

“Supaya bisa mencaikan penyebab kemacetan, terutama disiplin warga ketika belok mungkin ingin nya dulu-duluan, tidak antri, tidak tertib itu penyebab (macet) juga,” katanya.

Perlu atau tidaknya diadakan pemasangan Trafik light, kata Kompol Beben Susanto, harus ada analisa oleh Dinas Perhubungan.

“Karena disitu juga ada teori untuk perlu tidaknya diadakan trafik light, tetapi kalau volume kendaraan itu padat, trafik light juga tidak berfungsi maksimal,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, jam rawan kemacetan di wilayah ciampea terjadi saat tingginya aktifitas warga pada pagi dan sore hari. Diperparah tingginya aktifitas truk pengangkut material alam yang melintas.

“Tetapi kalau di jam-jam lain misalnya setelah jam delapan, sembilan atau sepuluh itu masih macet itu akibat adanya volume kendaraan yang meningkat,” bebernya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *