Kekurangan Guru, Ratusan Honorer di Banjar Jabar Ikuti Uji Kompetensi P3K

  • Whatsapp

BANJAR,Ceklissatu.com-Sebanyak 644 guru honorer di Kota Banjar Jawa Barat, mengikuti uji kompetensi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) di SMK Negeri 1 secara online, Senin (13/09/21).

Uji kompetensi PPPK 2021 ini, berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Permen PANRB Nomor 29 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional.

Menurut Neni, uji kompetensi dilakukan oleh BKPPD (Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan Daerah) Kota Banjar. Uji PPPK dibagi dalam 3 tahap yakni tahap 1 digelar 13-17 September 2021, tahap 2 digelar Oktober 2021 nanti dan tahap 3 di bulan November 2021 mendatang. Terdapat tiga materi yang diuji untuk calon ASN (Aparatur Sipil Negara) dengan kontrak kerja ini diantaranya kompetensi teknis, manajerian, sosio kultur, serta sesi wawancara.

Dari 644 guru honorer yang mengikuti uji kompetensi ini, hanya 214 honorer yang lulus dan nantinya akan mendapatkan kontrak kerja.
Menurut Neni Susiyani, Kepala Bidang Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Dinas Pendidikan Kota Banjar, angka tersebut masih jauh dari cukup untuk memenuhi kekosongan guru di tingkat SD dan SMP uang membutuhkan lebih dari 600 guru tambahan(13/9/21).

“Semoga mereka bisa lulus sesuai dengan kompetensi untuk mengisi kekosongan guru di Kota Banjar meski yang nanti lulus masih belum memenuhi kebutuhan.

Neni menambahkan, dari ribuan guru honorer yang sudah mengajar di tingkat SD dan SMP, terdapat puluhan guru yang sudah bekerja lebih dari 20 tahun. Mereka berharap melalui uji kompetensi PPPK ini, bisa menjadi ASN dengan golongan 3a.

“Terdapat lebih dari 10 guru yang sudah bekerja lebih dari 20 tahun dan kini mencoba peruntungan melalui uji kompetensi,” tambah Neni.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *