Kantor Kecamatan Bogor Selatan Bakal Disulap Gedung Balaikota

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Kantor Kecamatan Bogor Selatan yang terletak di Jalan Layungsari III, nomor 41, Kelurahan Empang, Kota Bogor mulai diperbaiki. Rencananya, perbaikan gedung yang bersumber dari anggaran APBD Kota Bogor itu akan dirombak dan disulap seperti gedung mini Balaikota Bogor atau mirip gedung Kecamatan Bogor Utara.

Sekretaris Kecamatan Bogor Selatan, Dimas Tiko Prahadisasongko mengatakan, perbaikan gedung kecamatan ini bagian dari program pemeliharaan gedung yang memang kondisinya sudah layak untuk diperbaiki.

Selain kantor kecamatan, lanjut Dimas, program pemeliharaan gedung ini juga dilakukan di 16 kelurahan yang ada di Kecamatan Bogor Selatan, kecuali kelurahan Pakuan. Dimana jenis dan spesifikasi pekerjaannya berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan.

“Iya, intinya tahun ini kita melaksanakan kegiatan pemeliharaan bangunan kantor yang dilaksanakan di 16 kelurahan, kecuali Kelurahan Pakuan, sehingga totalnya 15 kelurahan dan ditambah satu yaitu kantor kecamatan,” kata Dimas Tiko kepada Ceklissatu.com dikantornya, Kamis (14/10/2021).

Mantan Kabid Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor itu menuturkan, pemeliharaan gedung ini bagian dari upaya pemerintah didalam peningkatan sarana dan prasarana kantor, dan juga dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Ini juga bagian dari marwah pemerintah sendiri, sehingga harus kita jaga,” ucapnya.

Dimas melanjutkan, nantinya ruang pelayanan kecamatan yang ada di pintu utama akan ada suasana yang berbeda, misalnya undakan yang sudah cukup lama akan diperbarui namun tidak menghilangkan fungsinya. Kemudian, akan disediakan juga ruang khusus bagi ibu menyusui.

“Sebetulnya, kalau keinginan itu banyak tetapi kita juga harus disesuaikan dengan kondisi area yang ada di kecamatan dan juga anggaran yang ada, sehingga untuk lain-lainnya seperti ruang bermain anak mungkin secara bertahap, tetapi untuk sekarang ini akan disediakan ruang bagi ibu menyusui,” jelasnya.

Bukan itu saja, dalam proses pekerjaannya pun pihaknya mengaku sudah menyampaikan kepada pelaksana untuk betul-betul memperhatikan akses masuk untuk disabilitas. “Jadi jangan sampai terlalu curam dan itu harus betul-betul diperhatikan dengan baik, agar akses yang kini diperbaiki bisa senyaman mungkin, dan kita sudah sampaikan itu ke pelaksananya,” kata Dimas.

Disinggung soal anggaran, kata Dimas, pemeliharaan gedung ini bersumber dari APBD Kota Bogor dan bisa dilihat di depan kantor kecamatan. “Tidak ada yang kita tutup-tutupi, karena kita atas dasar keterbukaan publik, bisa dilihat didepan ada spanduk pemberitahuan pelaksanaan pemeliharaan, mulai kapan dilaksanakannya, siapa pelaksananya, hingga berapa anggaran APBD untuk kegiatan tersebut,” tandasnya.

Pantauan di lokasi, memang pemeliharaan gedung Kecamatan Bogor Selatan sudah terpasang informasi publik tentang pekerjaan, anggaran hingga lamanya pelaksanaan.

Berdasarkan informasi yang terpasang didepan kantor kecamatan, tertulis nama pekerjaan paket pemeliharaan gedung kantor Kecamatan Bogor Selatan, yang dikerjakan oleh kontraktor CV Adhi Panca dengan No SPK 027/04-PGK/BOSEL/PPK/IX/2021, tanggal 22 September 2021.

Kemudian, tertulis juga waktu pelaksanaan pemeliharaan selama 60 hari kalender, serta harga borongan sebesar Rp 198.955.7900,00 dan Sumber Dana APBD Kota Bogor.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *