Jokowi Tinjau Vaksinasi Kolaborasi Kebangsaan, Pastikan Ketersediaan Vaksin

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bogor, KADIN Propinsi Jawa Barat dan Kodam III/Siliwangi bekerjasama menggelar vaksinasi massal terhadap 16.200 siswa, yang dilaksanakan secara serempak di beberapa titik, tepatnya di wilayah Jawa Barat dan Banten, Sabtu (28/9/2021). Bertajuk “Vaksinasi Kolaborasi Kebangsaan”.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelaksanaan Vaksinasi Kolaborasi Kebangsaan tersebut, di Kebun Raya Bogor (KRB) Kota Bogor, Sabtu (28/8/2021) pagi.

Pelaksanaan penyuntikkan vaksinasi bagi pelajar di KRB dilakukan secara bertahap. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Bogor mencatat, jumlah target sasaran Vaksinasi bagi pelajar di Kota Bogor ada sebanyak 104.417 pelajar.

Dalam tinjauannya, Presiden Jokowi didampingi Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto.

Selain itu, pada kesempatan yang sama Presiden Jokowi juga meninjau pelaksanaan vaksinasi massal serentak di Jawa Barat dan Banten secara virtual, ia menanyakan kesiapan dan ketersedian vaksin di beberapa wilayah.

“Bagaiaman ketersediaan vaksinnya? Kalau cukup segera diselesaikan dan kalau kurang nanti bisa laporan ke Gubernur nanti disampaikan ke Kementerian Kesehatan,” ujar Presiden Jokowi, Sabtu (28/8/2021).

Tak hanya meninjau pelaksanaan vaksinasi massal, Jokowi juga memberikan bingkisan tambahan untuk orang berkebutuhan khusus yang ikut hadir dalam vaksinasi tersebut.

Sementara itu Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI, Agus Subiyanto mengatakan, bahwa program vaksinasi massal ini merupakan program kolaborasi kebangsaan.

“Hari ini kita melaksanakan serbuan vaksinasi kepada siswa/i SMP dan SMA se-Jabar ada 25 pos TNI-Polri dan kita berkolaborasi dengan Kadin sebelah saya ada ketua Kadin pusat, ketua Kadin Kota Bogor, ketua Kadin Jabar dan Kapolda,” ujarnya.

Agus berharap melalui akselerasi capaian vaksinasi ini dapat membentuk kekebalan komunal atau herd immunity khususnya bagi para pelajar. Sebab, saat ini pemerintah tengah berencana untuk menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Oleh karena ini, guna percepatan capaian vaksinasi pihaknya membuka gerai vaksinasi di 39 titik yang buka setiap hari. “Ada 39 titik setiap hari kita melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat, untuk jumlah vaksinator ada 1.429 orang dari TNI Polri kemudian relawan dari universitas,” ungkapnya.

Agus memastikan, pihaknya akan terus melaksanakan kolaborasi dengan TNI Polri dan instansi yang lain agar lebih cepat dalam membentuk kekebalan komunal atau herd immunity. “Mungkin September ini kita bisa mencapai herd immunity,” pungkasnya.

Editor : Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *