Jokowi Ajukan KSAD Andika Perkasa Jadi Calon Tunggal Panglima TNI

  • Whatsapp
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa (tengah) (Antara Foto)

JAKARTA, Ceklissatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan surat presiden (surpres) kepada DPR yang berisi usulan Jenderal Andika Perkasa menjadi calon tunggal panglima TNI. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tersebut akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki usia 58 tahun pada 8 November 2021.

Ketua DPR Puan Maharani membenarkan jika surpres yang diantarkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno itu sudah diterima DPR. “Calon panglima TNI adalah Jenderal TNI Andika Perkasa,” kata Puan di Jakarta, Rabu (3/11).

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, Andika akan menjadi panglima TNI ke-21. Masa dinas Andika sebagai penguasa Cilangkap hanya sampai Desember 2023. Sehingga, ia terbilang singkat menjadi panglima TNI
Setelah mendapat usulan nama itu, pihaknya akan memproses lewat uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR.

“Komisi I akan melakukan fit and proper test terhadap calon,” kata Puan.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Lodewijk Freidrich Paulus berharap DPR RI sudah bisa menetapkan Panglima TNI yang baru, sebelum Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memasuki pensiun atau sebelum 9 November 2021. Meski DPR RI akan memasuki masa reses pada 8 Oktober 2021 mendatang, Lodewijk menekankan dari aspek waktu, masih memungkinkan bagi DPR untuk melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan kepada calon Panglima TNI.

“Kalau dari aspek waktu ya, Pak Hadi Tjahjanto pensiun tanggal 9 November, secara de facto beliau pensiun tanggal 9 November, artinya ditarik ke sini dengan masa reses kita, pasti ada waktu. Tapi kita berharap sebelum tanggal 9 November kita sudah punya panglima TNI yang baru, Insya Allah seperti itu,” ungkapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *