Jalan di Kampung Lebak Nangka Ambrol, Warga Gercep Lakukan Perbaikan

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Warga Kampung Lebak Nangka, RW02, Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, gerak cepat (gercep) melakukan kerja bakti memperbaiki jalan yang ambrol di wilayahnya, pada Rabu (3/11/2021) pagi.

Perbaikan jalan ambrol itu pun disaksikan dan dikerjakan langsung oleh Ketua RW dan RT setempat, serta tokoh masyarakat bersama warganya.

Pantauan Ceklissatu.com, terlihat sejumlah warga berbondong-bondong melakukan perbaikan, mulai mengangkut pasir, batu, hingga mengaduk semen.

Ketua RW02, Saripudin mengatakan, ambrolnya jalan di wilayahnya itu terjadi pada Selasa (2/11) sore. Dimana saat itu wilayahnya sedang diguyur hujan.

“Awalnya amblas, tapi karena terus di guyur hujan jadi ambrol. Untuk kejadiannya kemarin sore,” ungkap Saripudin kepada Ceklissatu.com di lokasi.

Pria yang akrab disapa Atet ini menjelaskan, terjadinya ambrol itu disebabkan karena dibawahnya sudah keropos atau bolong, sehingga semakin terus di guyur hujan, maka tanah yang ada dibawahnya terus terkikis dan ambrol.

Namun sebelum ambrol, pihaknya sudah bermusyawarah dengan pengurus dan juga warga. Dan hasil dari musyawarah itu, akhirnya warga berinisiatif untuk memperbaiki jalan tersebut dengan cara swadaya.

“Jadi, kita sebelumya itu memang sudah berembuk membahas jalan ini,” kata Atet.

Ia beralasan, tindakan cepat yang dilakukan oleh warganya itu karena menilai jalan yang saat ini ambrol merupakan salah satu akses jalan yang sering dilintasi warga, sehingga sifatnya urgent dan harus segera diperbaiki.

“Kalau tidak cepat diperbaiki kasian warga kami, terutama bagi kendaraan roda empat. Apalagi kan ini jalan satu-satunya yang dekat ke arah Cipaku maupun kelurahan,” ucapnya.

Masih kata Atet, peristiwa ambrolnya jalan ini pun sudah disampaikan ke lurah setempat. Bahkan sebelum ambrol pun pihaknya sudah melaporkan ke pihak kelurahan.

“Ya, kemarin juga hari Senin pak lurah sudah meninjau ke sini, kemudian hari ini juga beliau kembali kesini melihat kondisi jalan,” ujarnya.

Bukan itu saja, warganya pun berencana akan memperbaiki jalan yang lokasinya bersebelahan dengan RW02. “Kita juga rencananya mau menambal jalan yang bolong-bolong, kebetulan tempatnya ga jauh, ada di seberang,” pungkasnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *