Inovasi Tanaman Hidroponik di Desa Nanggung, Solusi Bertani di Lahan Sempit

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com–Sebagai salah satu upaya Pemerintah Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor guna meningkatkan ekonomi warga khususnya di sektor pertanian menggalakan kemandirian swasembada pangan dengan mengembangkan tanaman hidroponik.

Kepala Desa Nanggung Ahmad Sodik menyampaikan, upaya kedepannya pihaknya akan melakukan pengembangan tanaman hidroponik guna meningkatkan sektor pertanian yang berencana menggandeng tim ahli dibidang pertanian baik dari dinas terkait maupun dari beberapa perguruan tinggi.

Menurutnya, Inovasi pertanian hidroponik menjadi salah satu solusi supaya masyarakat tetap bisa menanam di lahan yang sempit dengan kebutuhan air yang sedikit.

“Kita juga akan melakukan sosial maping dengan melakukan presisi akurasi data tentang pemetaan potensi pertanian,” ungkap Ahmad Sodik kepada wartawan kemarin.

Ia juga mengatakan, bahwa pihaknya dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gerbang Emas telah membuat Green House di beberapa titik di Holtikulture.

“Ternyata setelah kita kembangkan itu Hidroponik, sehingga ke depan kita melakukan pengembangan sektor pertanian meskipun di wilayah yang minim sumber air,” ucapnya.

Ia juga menyebut, untuk petani tanaman hidroponik untuk saat ini memang di dominasi oleh kaum milenial.

Saat ini hasil panen memang baru sebatas dikonsumsi sendiri. Meski demikian, hasil panen tanaman hidroponik tetap mengurangi pengeluaran keluarga karena mereka tidak perlu lagi membeli sayuran untuk dikonsumsi.

“Untuk tanaman Hidroponik kita lebih memanfaatkan green house, selain untuk melakukan penghijauan juga untuk meningkatkan ketahanan pangan dan juga menambah ekonomi warga,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *