Inilah Langkah Dinkes Pangandaran Dalam Menghadapi Virus Corona

PANGANDARAN, Ceklissatu.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yani Achmad Marzuki menegaskan, sampai saat ini untuk di Kabupaten Pangandaran belum ditemukan adanya kasus atau gejala-gejala yang ditimbulkan oleh virus Corona (Covid-19).

“Dari hasil pemantauan kami dilapangan selama ini virus corona di Kabupaten Pangandaran zero atau nihil. Artinya tak satupun warga Pangandaran yang terjangkit virus tersebut,”ujar Yani kepada wartawan saat ditemui diruang kerjanya(04/03/20).

Bacaan Lainnya

Kendati demikian, kata Yani, kini pihaknya terus melakukan upaya untuk mengantisipasi dengan melibatkan stakeholder terkait. Salah satunya yakni melakukan sosialisasi terkait Corona Virus Diseas (Covid-19) di tingkat Kabupaten.

“Kami berkoordinasi terus menerus dengan Dinkes Jabar. Mengaktifkan kegiatan surveilans puskesmas diseluruh lingkup Dinkes Pangandaran. Melakukan pemantauan berkala terhadap kriteria “orang dalam pemantauan” terhadap laporan indetifikasi. Bekerjasama dengan lintas sektoral (Pelabuhan Nusawiru) dan Kesiapan TGC dan PSC 119 Dinkes,”papar Yani.

Menurut Yani, indikasi bagi warga yang terjangkit virus corona diantara lain seperti gejala flu, batuk, demam dan sesak napas.

“Akan tetapi, kata kunci yang kita pakai dan lebih spesifik lagi yaitu kalau orang tersebut tidak ada kunjungan riwayat kontak dengan kasus Covid-19, kemudian tidak ada riwayat bekerja dengan pasien yang terinfeksi, lalu tidak ada riwayat perjalanan dari negara seperti wuhan China atau negara-negara yang memang terjangkit. Nah itu tidak dicurigai, berarti itu hanya sakit fluk biasa,”katanya.

Tapi, sambung dia, apabila ditemukan penderita sakit batuk, flu dan demam namun memiliki riwayat perjalanan ke Provinsi Hubei, China termasuk kota Wuhan atau negara lain yang terinfeksi virus corona itu patut dicurigai dan hati-hati lalu dirujuk ke rumah sakit yang sudah ditunjuk.

“Untuk di Pangandaran sendiri sampai saat ini belum ditemukan tanda-tanda tersebut. Dan warga di sarankan untuk melakukan gerakan pola hidup sehat salah satunya cuci tangan pakai sabun agar terhindar virus corona tersebut,” ujarnya.

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *