Indonesia Merupakan Pusat Begonia di Kawasan Asia Tenggara

  • Whatsapp
Begonia robii Ardi & Girm. Indonesia merupakan pusat kekayaan Begonia di kawasan Asia Tenggara (dok BRIN/ceklissatu)

BOGOR, CEKLISSATU –   Indonesia merupakan pusat kekayaan  Begonia, di kawasan Asia Tenggara, dengan jumlah tumbuhan Begonia mencapai 243 jenis. Peneliti dari Pusat Riset  Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya-BRIN, Wisnu Handoyo Ardi, mengatakan, Begonia merupakan salah satu marga tumbuhan berbunga yang terbesar.

Menurutnya ada sekitar 2052 jenis Begonia yang tersebar di Kawasan pantropis dunia, dan 243 jenis diantaranya terdapat di Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Kemungkinan jumlah tumbuhan Begonia di Indonesia,  akan terus bertambah seiring semakin terjelajahnya kawasan-kawasan hutan di berbagai wilayah di Indonesia,”paparnya, Sabtu (15/01/2022).

Menurut Wisnu, upaya konservasi dan pengungkapan jenis-jenis baru Begonia secara aktif dilakukan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN),  dan saat ini telah berhasil melakukan konservasi terhadap lebih dari 100 jenis Begonia yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Saat ini kami juga sedang mereview status konservasi 9 tumbuhan Begonia dari Sulawesi, kita mereview apakah keberadaan tumbuhan ini terancam atau tidak di habitat aslinya,” kata Wisnu.

Keberadaan tumbuhan Begonia juga sangat penting, sama pentingnya seperti pohon lainnya yang ada di hutan. Bahkan salah satu Begonia dari Sulawesi, yaitu Begonia Medicinalis,   biasa digunakan warga setempat (Sulawesi), untuk treatmen penyakit kanker.

Begonia Medicinalis  berpotensi untuk obat, dan sekarang sedang diteliti oleh para peneliti di Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah. Ada beberapa senyawa yang berpotensi untuk anti kanker.

“Keberadaan Begonia perlu dilindungi karena kita belum menggali potensinya secara maksimal, walaupun yang paling umum tumbuhan ini untuk tanaman hias,” tutur Wisnu.

Wisnu juga menjelaskan, para peneliti dari Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), berhasil menemukan tujuh jenis  baru tumbuhan Indonesia, yang  tergolong sebagai tanaman hias.

Ketujuh jenis baru tumbuhan  tersebut yaitu, Hoya batutikarensis, Hoya buntokensis, Dendrobium dedeksantosoi, Rigiolepis argentii, Begonia robii, Begonia willemii dan Etlingera comosa. Selain itu ditemukan pula sub spesies Zingiber ultralimitale sub spesies matarombeoense.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *