Ibu Hamil di Kota Bogor Mulai Jalani Vaksinasi, dari Target 19.238

  • Whatsapp
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Kamis (19/8/2021).

BOGOR, Ceklissatu.com – Sebanyak 82 ibu hamil (Bumil) di Puskesmas Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor menjalanin vaksinasi Covid-19. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mulai memberikan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok ibu hamil dan pelaksanakan vaksinasi itu dilakukan di 25 puskesmas yang ada di Kota Bogor.

Berdasarkan data Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bogor, terdapat 19.238 ibu hamil yang menjadi target sasaran penerima vaksinasi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Kabid Kesehatan Masyarakat, Siti Robiah Mubarokah mengatakan, vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil di Kota Bogor sudah dilakukan sejak 14 Agustus 2021 yang terjadwal selama satu pekan kedepan, hingga 21 Agustus 2021 mendatang.

“Kita lakukan serentak di 25 puskesmas se- Kota Bogor. Hari ini 82 bumil jalanin vaksinasi di wilayah Puskesmas Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor,” kata Siti Robiah, seusai mendampingi Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto meninjau pelaksanaan vaksinasi, di Puskesmas Kedung Badak, Kota Bogor, Kamis (19/8/2021).

Kategori ibu hamil yang diperbolehkan melakukan vaksinasi Covid-19 yakni, ibu dengan kehamilan usia 14 hingga 33 minggu. Kata Siti Robiah, tidak perlu ada rujukan khusus bila ibu hamil ingin divaksin. Sebab, yang terpenting ibu hamil sehat, tidak ada komorbid atau penyakit jantung, dan diabetes. “Kalau komorbid perlu dikonsultasikan, jika diizinkan maka boleh divaksinasi,” ungkapnya.

Siti Robiah menambahkan, sejauh ini pihaknya telah melakukan pendata dan mensosialisasikan program vaksinasi bagi ibu hamil. Ia mencatat pada bulan Agustus 2021, berdasarkan data ada sebanyak 2.997 ibu hamil dengan usia kandungan 14 hingga 33 minggu.

“Mereka (ibu hamil) bisa langsung datang ke puskesmas setempat, karena sudah didata oleh para kader wilayah. Puskesmas sebelumnya memang sudah melakukan pendataan ibu hamil usia 14 hingga 33 minggu pada bulan Agustus ini, dan dari data ada 2.997 ibu hamil,” pungkasnya.

Editor : Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *