Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021, KPC Bogor Mulung Sampah

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Bogor mengadakan kegiatan mulung sampah sebagai salah satu upaya pemulihan ekosistem sungai Ciliwung, Sabtu (5/6/2021).

Dalam Aksi mulung sampah tersebut, Wakil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Jenal Mutaqin pun ikut turun langsung membersihkan Sungai Ciliwung dari sampah di sepanjang hulu Sungai Ciliwung, di Bendungan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Pegiat Komunitas Peduli Ciliwung, Suparno Jumar mengatakan aksi mulung sampah yang dilaksanakan mengusung tema restorasi ekosistem.

Restorasi ekosistem adalah membantu pemulihan ekosistem yang rusak atau hancur, serta melestarikan ekosistem yang masih utuh.

“Hari ini adalah Hari Lingkungan Hidup Sedunia, jadi kalau hari ini adalah temanya restorasi ekosistem atau pemulihan ekosistem, ini adalah sebagai salah satu cara untuk kemudian kita memulihkan ekosistem khususnya di Sungai Ciliwung yang masih perlu perhatian besar dari semua stakeholder, termasuk masyarakat yang ada di dalamnya,” kata Suparno.

Wakil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Jenal Mutaqin mengapresiasi aksi mulung sampah tersebut yang diinisiasi KPC.

“Kalau saya melihat positiflah tapi memang sulit menyelesaikan sampah kalau memang sekedar seremonial seperti sekarang, tidak ada continuitas dan tidak ada treatmen terbaik. Artinya penyelesaian sampah baik di Ciliwung atau yang berserakan di daratan itu kembali kepada pola dan kesadaran masyarakat,” kata Jenal, Sabtu (5/6/2021).

Jenal mengaku sudah berhasil mengumpulkan 15 karung sampah dalam waktu 3 jam saja. “Berarti ini kan dampaknya bisa menjadi negatif, ketika tidak dikelola dan diselesaikan dengan baik bisa berakibat banjir penyumbatan saluran air,” ungkapnya.

Sementara di lokasi yang sama, Lurah Sindangrasa, Dede Sugandi mengatakan aksi mulung sampah itu sekaligus memperingati Hari Jadi Bogor ke-539.

“Ini sekalian memperingati HJB, kami seluruh RW, ada 12 RW dibagi menjadi 4 titik lokasi dengan sangat kebetulan terlintasi dengan sungai Ciliwung,” kata Dede.

Dede menambahkan, aksi mulung sampah ini dilakukan oleh 100 orang.

“Kurang lebih persertanya dari satu titik itu rata-rata 25 orang, jadi 100 orang itu pun alhamdulillah swadaya masyarakat semuanya,” pungkasnya.

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *