Hari Ini, Kawasan Puncak Bogor Mulai Berlakukan Uji Coba Ganjil Genap

  • Whatsapp
Petugas gabungan saat melakukan pelaksanaan uji coba ganjil genap, di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jum'at (3/9/2021). Foto: Wulan

BOGOR, Ceklissatu.com – Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 yang diperpanjang hingga 6 September 2021 mendatang. Sejumlah aturan perjalanan kembali diterapkan di beberapa daerah, termasuk di Kabupaten Bogor.

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, mulai hari ini Jum’at (3/9/2021) memberlakukan kebijakan uji coba sistem ganjil genap bagi kendaraan empat maupun roda dua yang akan memasuki Jalur Puncak, Kabupaten Bogor.

Bacaan Lainnya

Polres Bogor mengerahkan sebanyak 300 personel gabungan untuk mengawasi sistem ganjil genap ini.

“Kami rapat terkait pelaksanaan uji coba ganjil genap di Jalur Puncak, kami sepakati dilaksanakan hari ini juga lebih awal, di mana pagi hari ini ganjil genap sesuai tanggal ini 3 maka kendaraan yang diizinkan melintas yaitu kendaraan yang berplat nomor ganjil,” kata Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Pranata, Jum’at (3/9/2021).

Pantauan ceklissatu.com di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor pada pukul 12.00 WIB terpantau lalu lintas dari arah Tol Ciawi menuju Simpang Gadog ramai lancar.

Penyekatan dilakukan oleh petugas gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP dan BPBD Kabupaten Bogor di lima titik check point diantaranya di Simpang Gadog, GT Gerbang Tol Ciawi, Perempatan Bendungan komplek Pertanian Ciawi, dan sekitar Belanova Sentul, Babakan Madang.

Tujuan kebijakan sistem ganjil genap ini untuk menekan dan mengendalikan arus volume kendaraan yang akan mamasuki ke Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

“Agar tidak terjadi kepadatan yang akhirnya dapat berpotensi menjadi klaster Penularan Covid-19 baru di wilayah Puncak,” ungkapnya.

Terkait teknis pelaksanaan uji coba sistem ganjil genap ini, yakni setiap kendaraan akan diperiksa satu demi satu plat nomor kendaraannya. Bagi kendaraan yang plat nomor kendaraannya tidak sesuai dengan tanggal saat ini maka akan diputar balik ke arah Jakarta.

“Akan terus memutar balik kendaraan dengan plat nomor genap yang hari ini di Puncak yang akan dijaga selama 24 jam, hanya kendaraan Damkar, Ambulance, dan kendaraan dinas saja yang bisa melintas,” jelasnya.

Dicky menyampaikan, pihaknya berencana akan melaksanakan penyekatan uji coba ganjil genap kembali setelah Salat Jum’at.

“Untuk besok Sabtu akan dimulai pagi hari yang akan di awali apel gabungan di halaman Masjid Harakatul Jannah, Gadog Bogor yang rencanyanya akan dipimpin oleh Wakpolda Jabar. Pelaksanaan uji coba ganjil genap akan dilakukan Jumat, Sabtu dan Minggu setiap pekan,” pungkasnya.

Diketahui, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor memutuskan untuk melakukan uji coba ganjil genap bagi kendaraan yang menuju Kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor pada 3 hingga 5 September 2021.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *