Halangi Tugas Jurnalis, Kapolsek Banjarsari Evaluasi Anggotanya

CIAMIS,Ceklissatu.com-Seorang anggota Satlantas yang bertugas di Mapolsek Banjarsari, Polres Ciamis, berpangkat Bripka diduga menghalang-halangi tugas jurnalis saat hendak melakukan kegiatan liputan.

Hal itu dirasakan oleh Suherman atau yang akrab disapa Joel wartawan media online Harapan Rakyat, yang juga stringer TVone wilayah Ciamis, saat dirinya hendak mengambil gambar kecelakaan lalu lintas hingga menyebabkan korban meninggal dunia, Rabu (14/12/21).

Bacaan Lainnya

Namun, ketika Joel sedang mengambil gambar, tiba-tiba dirinya di datangi anggota tersebut yang seakan-akan melarang hingga mengeluarkan kata-kata yang di anggap kurang pantas.

Joel menjelaskan, awal nya dia berniat untuk melakukan kegiatan peliputan laka lantas yang terjadi di wilayah Pamarican, namun saat mengambil gambar anggota satlantas bernama Bripka Ruli menghampiri serta menghardiknya.

“Dengan nada cukup tinggi, dia bilang ke saya, atas dasar apa saya mengambil gambar?, Kenapa tidak izin dulu kepadanya, jangan se-enak nya mengambil gambar, ini rumah saya, jangan se-enak nya ngambil gambar,” terang Joel menirukan anggota Satlantas tersebut.

“Bahkan dirinya bilang seperti ini, saya tidak mau ada tamu masuk ke rumah saya tanpa izin,apalagi dengan tiba-tiba langsung mengambil foto,” tuturnya.

Selain menghalangi tugas jurnalistiknya, Joel mengaku, anggota tersebut sempat mempermalukan dirinya di depan sebuah warung dengan mencontohkan kalimat itu kepada warga yang ada di warung.

“Jadi selain menghalang-halangi, dia (oknum) sempat mempermalukan saya,” jelasnya.

Joel juga mengatakan, sempat terjadi perdebatan antara dirinya dengan anggota tersebut, namun akhir nya ia mengalah dengan menghapus semua dokumen foto baik video yang ia ambil, bahkan penghapusan file tersebut di lakukan dihadapan anggota itu.

“Sikap anggota tersebut sangat di sayangkan, padahal pengambilan dokumen masih itu di lakukan,masih di area fasilitas publik, dan saya pun berbincang dulu dengan yang bersangkutan, namun tiba-tiba anggota tersebut malah berbicara seperti itu,” katanya.

“Mungkin ceritanya akan berbeda jika saya mengambil dokumen jika barang bukti sudah ada di polsek, jelas pasti saya sebagai jurnalis akan meminta izin dulu,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolsek Banjarsari AKP Ma’mun Murod mengatakan, pihaknya menyampaikan permintaan ma’af atas tindakan salah satu anggota nya tersebut kepada awak media, serta ia pun berjanji akan memberikan pembinaan kepada yang bersangkutan dalam waktu dekat ini.

“Anggota saya yang bernama Ruli itu sebenarnya baru satu minggu dinas di sini,dia pindahan dari Polres Ciamis, mungkin dia belum mengetahui rekan-rekan jurnalis disini,” ucapnya.

Namun, sambung dia, pihaknya berjanji besok saya akan mengevaluasi kinerja dari anggota tersebut, sekaligus akan diberikan pembinaan terhadap yang bersangkutan.

“Sekali lagi atas nama pribadi serta institusi saya meminta maaf kepada rekan-rekan jurnalis,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *