Gusar Dengan Calo Perizinan, Pusat Resmi Berlakukan OSS

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Aktifitas calo perizinan usaha sudah mulai membuat gusar pemerintah. Hari ini, Pemerintah Pusat meresmikan pelayanan Online Single Submission (OSS) Berbasis Resiko untuk memangkas calo tersebut.

“Kehadiran OSS untuk memudahkan para pengusaha mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) dan menghapus calo. Segala sesuatu yang menghambat kemudahan dalam berusaha pasti akan kita pangkas,” tegas Presiden Jokowi, saat memimpin peresmian OSS secara virtual, Senin (9/8/21).

Menurutnya, peluncuran OSS Berbasis Resiko ini merupakan reformasi yang sangat signifikan dalam perizinan.

“Ini merupakan reformasi yang sangat signifikan dalam perizinan. Menggunakan layanan perizinan secara online dan terintegrasi, terpadu dengan paradigma perizinan berbasis resiko. Jenis perizinan akan disesuaikan dengan tingkat resikonya, perizinan antara UMKM dan Usaha Besar tidak sama,” jelasnya

Jokowi pun berharap dengan diluncurkan sistem ini akan membuat iklim berusaha di Indonesia semakin baik.

“Saya harap iklim berusaha di Indonesia akan semakin baik. Oleh karena itu, saya perintahkan kepada para Menteri dan Lembaga, serta para Gubernur, Bupati dan Walikota agar disiplin mengikuti kemudahan dalam OSS ini,” kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan, aplikasi ini sudah mulai dicoba sejak hari Rabu kemarin.

“Aplikasi ini sudah kita coba dan stabil. Kita ada 4 jalur ruang lingkup untuk aplikasi ini, pertama aplikasi ini ruang lingkupnya untuk Kabupaten/Kota, kemudian aplikasi untuk ruang lingkup Provinsi. Ketiga aplikasi untuk ruang lingkup Kementerian dan Lembaga, yang keempat aplikasi yang ada di Kementerian Investasi sebagai terminal atau pusatnya,” kata Bahlil.

Editor : Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *