Gigit Jari, Pemkab Harus Bayar Rp32,5 Juta Per Hari Untuk Buang Sampah di Nambo

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor harus menelan pil pahit setelah dikabarkan memiliki kewajiban membayar uang operasional untuk membuang sampah ke TPPAS Nambo.

Kabarnya, Pemkab Bogor harus menyiapkan anggaran sebesar Rp32,5 juta per hari untuk membuang sampah sebanyak 260 ton sesuai jatah yang didapatkan dari Pemprov Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Asnan tak menampik hal tersebut. Menurutnya, anggaran sebesar itu merupakan kalkulasi pengangkutan sampah senilai Rp125 ribu per ton.

“Jadi kita anggarkan untuk membuang sampah di sana selama enam bulan tapi masih rencana, karena keterbatasan anggaran,” ungkap Asnan kepada wartawan, Selasa (26/10/21).

Tempat pembuangan sampah milik Pemprov Jawa Barat yang ada di Kecamatan Klapanunggal itu direncanakan beroperasi pada tahun 2022 sekitar 40 persen dari kapasitas 1.800 ton.

Asnan menyebutkan bahwa sejauh ini Pemkab Bogor masih memprioritaskan pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Galuga, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, mengingat produksi sampah harian mencapai 2.700 ton.

“Nanti kita mau lakukan penataan juga di TPA Galuga. Kita kerja sama dengan Pemkot Bogor karena memiliki area pembungan lebih besar dari kita,” kata Asnan.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *