Gagal Panen Akibat Cuaca Buruk, Harga Cabai di Cianjur Meroket Tajam

CIANJUR,Ceklissatu.com-Harga cabai domba di Pasar Muka, Kelurahan Muka, Kecamatan Cianjur Kota, Cianjur, Jawa Barat tembus hingga Rp. 100 ribu per kilogramnya, Selasa (18/12/21). kenaikan ini sudah terjadi sejak satu minggu akibat minimnya pasokan dari petani cabai ke sejumlah distributor sayuran, akibat gagal panen disejumlah wilayah di Jawa Barat dampak dari cuaca buruk.

Menurut Rizal (36) seorang pedagang sayuran di Pasar Muka menuturkan, mahalnya harga cabai domba ini mengalami kenaikan bertahap dari Rp.35 ribu hingga saat ini mencapai Rp. 100 ribu.

Bacaan Lainnya

“Kalau naiknya sih sudah sejak satu minggu pak dari harga Rp.35 ribu sampai sekarang Rp.100 ribu, kalau kata distibutor sih banyak petani cabai gagal panen akibat cuaca buruk,” ujarnya.

Rizal juga mengatakan, selain cabai domba, harga cabai merah lainnya juga naik seperti harga cabai merah kriting dan cabai merah panjang kini mencapai Rp. 70 ribu per kilogramnya.

“Yang mahal sih cabai Domba aja ya pak kalau cabai merah panjang dan kriting juga naik sekarang harga Rp. 70 ribu perkilonya,” jelasnya.

Dampak mahalnya harga cabai ini masih kata Rizal omset usahanya mulai menurun akibat sepi pembeli.

“Menurun pak selama cabai mahal sampai 50 persen karena sepi pembeli,” akuinya.

Sementara itu ditempat terpisah, Bupati Cianjur bersama Kapolres Cianjur dan Dandim Cianjur melakukan Sidak ke Pasar Induk Pasir Hayam, Kecamatan Cilaku. Dalam Sidak tersebut sejumlah harga masih stabil karena adanya bantuan dari BUMD Sugih Mukti yang membantu kebutuhan pasar di Cianjur dalam rangka menstabilkan harga.

“Dalam Kegiatan Sidak di Pasar Tradisonal Pasir Hayam saya bersyukur karena harga-harga masih stabil karena adanya bantuan dari BMUD Sugih Mukti yang membantu kebutuhan pasar di Cianjur dalam rangka mensatbilkan harga,” terang Herman Suherman melalui keterangannya di media sosial Intagram miliknya dengan akun @h.hermansuherman.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *