Fantastis! Proyek Pedestrian di Jalan Djuanda Bogor Habiskan Rp 5,6 Miliar

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Pemerintah Kota Bogor terus menata wajah kota yang ada diwilayahnya, salah satunya dengan pembangunan infrastruktur di sekitar Jalan Ir Djuanda, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Proyek infrastruktur berjarak sepanjang kurang lebih 1 kilometer di mulai dari Bogor Trade Mall (BTM) hingga SMA Negeri 1 Bogor itu rencana akan dijadikan jalur pejalan kaki atau pedestrian.

Bacaan Lainnya

Namun, anggaran untuk pembangunan pedestrian tersebut cukup fantastis, yakni nyaris Rp 6 miliar. Hal ini diungkapkan Wali Kota Bogor, Bima Arya saat meninjau pembangunan pedestrian, Senin (25/10/2021).

Bima mengatakan, pembangunan pedestrian di lokasi itu karena kondisinya sudah cukup lama semrawut lantaran dikuasai pedagang kaki lima, belum lagi banyak mobil-mobil yang mangkal di lokasi tersebut.

“Jadi, kita ingin memanfaatkan untuk kepentingan publik. Untuk alokasinya sekitar Rp 6 miliar, kemudian pemenangnya sekitar 5,6 miliar. Ini bantuan dari pemerintah Jawa barat,” kata Bima kepada wartawan.

Lanjut Bima, selain untuk pejalan kaki, di pedestrian ini juga dilengkapi fasilitas lain seperti jalur hijau dan jalur sepeda. “Ini jalur cukup panjang, mulai dekat BTM hingga depan gedung SMA Negeri 1 Bogor,” ujarnya.

Kemudian, pembangunan ini pun disesuaikan dengan bangunan gedung perkantoran yang ada di sekitar. “Jadi ada penyesuaian seperti akses jam keluar masuknya. Kemudian juga yang kedua mensosialisasikan kepada pedagang yang ada di sini. Artinya banyak pedagang yang sudah lama menempati jalur yang bukan haknya di sini, nah ini kita pastikan akan disterilisasi begitu,” jelasnya.

“Dan saya titip pengerjaan hari ini deviasi minus 5 persen. Saya titip untuk dikejar, dikebut, saya tidak mau ada yang minus, semuanya harus positif sesuai dengan jadwal. Tapi kualitas yang terjaga saya titip tadi jangan sampai ini ambles,” tambahnya.

Masih kata Bima, hingga tahun 2024 itu pemkot sudah ada konsep perencanaan pedestrianisasi secara menyeluruh. “Jadi ada jalur yang akan dilanjutkan nanti, termasuk kiri kanan dari jalan Sudirman, Pemuda dan Ahmad Yani,” tandasnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *