Entaskan Kemiskinan Baznas Mulai Program ZDV

  • Whatsapp

BOGOR,ceklis satu.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), menggelar kegiatan Kick Off (memulai) Program Zakat Community Development (ZCD) di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, pada Sabtu, (21/11/20).

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Dr. Irfan Syauqi Beik mengatakan, ZCD adalah program pemberdayaan BAZNAS melalui komunitas dan desa dengan mengintegrasikan aspek dakwah, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan kemanusiaan secara komprehensif yang sumber pendanaannya dari zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya.

Bacaan Lainnya

Program ZCD ini berfokus pada pengentasan kemiskinan melalui transformasi sosial dengan menyasar daerah miskin dan tertinggal yang ada di Indonesia. Daerah miskin dan tertinggal ini didampingi dan dimandirikan untuk menghasilkan sebuah brand daerah yang mampu mengangkat potensi serta kearifan lokal sehingga berdampak pada kemajuan desa, baik dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, spiritual keagamaan dan juga lingkungan.

“Program yang dijalankan di Cibunian antara lain budidaya stingless bee (lebah yang tidak menyengat), budidaya ikan emas dan pembangunan saung edukasi. Program ini sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh masayarakat desa tersebut,” katanya.

Dalam acara Kick Off Program ZCD di Cibunian ini, turut diluncurkan program Kampung Tanggap Bencana. Secara garis besar, masyarakat di daerah ini dihidupkan kepeduliannya untuk menjaga lingkungan, dan memahami bagaimana tindakan-tindakan yang dilakukan jika terjadi bencana.

Kegiatan Penanaman Pohon juga dilakukan, bekerja sama dengan Yayasan Hutan Wakaf Bogor, di lokasi ini dilakukan penanaman sebanyak 300 bibit pohon. Dimana pohon yang telah ditanam ini akan dilakukan pemantauan hasil pertumbuhannya secara berkala, agar kegiatan ini memberikan nilai manfaat positif bagi mustahik, masyarakat, dan lingkungan.

Dalam menyambut Hari Pohon Sedunia ini, BAZNAS juga menjalankan program tanam pohon di 111 titik desa program ZCD seluruh Indonesia.

“Kegiatan penanaman pohon mengingatkan kita kembali betapa pentingnya peran dan fungsi pohon bagi kehidupan makhluk hidup di bumi yang diwujudkan dalam berbagai bentuk aksi, seperti pembagian bibit tanaman dan gerakan menanam pohon,” pungkasnya.

 

Editor : Daus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *