Enggan Disalahkan Saat Banjir, Pemkab Bogor Minta DKI Jakarta Ikut Kendalikan Puncak

  • Whatsapp
Bupati Bogor

BOGOR, Ceklissatu.com – Tak ingin terus disalahkan saat banjir ibu kota, Bupati Bogor Ade Yasin meminta Pemprov DKI Jakarta untuk ikut menjaga dan mengendalikan kawasan konservasi di Puncak, Kabupaten Bogor.

Menurutnya, di kawasan hulu Sungai Ciliwung itu banyak terjadi kerusakan alam akibat para penggarap nakal.

Bacaan Lainnya

Meski diklaim terus berupaya meminimalisir itu, Ade Yasin mengakui banyak pemegang HGU di Puncak dan beberapa wilayah di Kabupaten Bogor, melanggar aturan dengan menyelewengkan hak penggunaannya.

“Misalnya harusnya menanam kopi tapi malah disewakan ke pengusaha restoran, hotel dan sebagainya, sehingga fungsi konservasinya tidak berjalan,” jelasnya.

Dia meminta, DKI Jakarta juga seharusnya memiliki peran dalam memelihara kawasan konservasi ini. Pasalnya, ada beberapa lahan HGU terbengkalai dan izinnya tidak diperpanjang.

“Kan bisa disewakan ke DKI untuk jadi RTH atau berikan ke Pemkab Bogor biar kami yang memelihara dan merawat supaya bisa saling tanggung jawab dalam memelihara konservasi,” tegas Ade Yasin.

Sekedar informasi, musim penghujan saat ini sudah tiba. Beberapa daerah di Indonesia dikhawatirkan diterjang bencana. Salah satunya Kabupaten Bogor.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *